Bab 6
Kegiatan Belajar 6
Iklan Pay Per Click (PPC)
1. Konsep Pay per Click
pay per Click atau Biaya per klik dalam bahasa Indonesia, merupakan sistem pengiklanan menggunakan media internet, dimana pemasang iklan akan dikenai biaya ketika pengguna internet meng-klik iklan yang ditampilkan pada halaman web. Cara beriklan biaya per klik, paling sering digunakan oleh mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan MSN bahkan pada web media sosial seperti facebook. Selain itu sistem biaya per klik digunakan juga pada iklan banner, direktori belanja seperti Nextag dan Shopping.com. Ada beberapa langkah jika Anda ingin beriklan menggunakan biaya per klik yaitu.
a. Membuat konten dari iklan yang akan ditawarkan.
b. Membuat salinan iklan yang akan ditampilkan.
c. Menentukan lokasi atau tempat iklan ditampilkan dalam web.
d. Memilih kata kunci yang digunakan agar iklan dapat ditampilkan.
e. Mengatur biaya yang harus dikeluarkan setiap iklan yang diklik.
Sedangkan langkah-langkah yang dilakukan oleh penyedia iklan biaya per klik(platform PPC) adalah.
a. Melakukan pengecekan iklan sesuai aturan(pedoman editorial).
b. Menampilkan iklan sesuai dengan permintaan pencarian(kata kunci) atau
kriteria yang lain.
c. Menentukan peringkat atau posisi iklan berdasarkan tawaran maksimum
pengiklan dan keterkatian/relevansi iklan yang meliputi klik per
tayang(click-through rate [CTR]), salinan iklan, kata kunci dan halaman
arahan/web yang dituju dengan relevansi pencarian.
Jenis Iklan PPC pada Adwords atau yang lainnya biasanya berupa teks
(ditampilkan berupa teks pada iklan Search, Display dan Social Networks).
Iklan Text PPC mengikuti struktur dasar yang sama yaitu:
Kepala(header)
Dua baris salinan iklan, yang dapat ditampilkan pada satu
baris
www.DisplayURL.com
(tujuan URL)
URL(Uniform Resource Locator) yang ditampilkan (URL display) belum tentu URL yang pengguna akan klik dan menuju ke suatu halaman web (URL tujuan). URL display kadang-kadang juga disebut vanity URL. URL display harus domain yang sama dengan URL tujuan. Google akan hanya menampilkan satu iklan per URL tampilan. Ketika kalian membuat sebuah iklan teks PPC, kalian akan dibatasi dalam penggunaan karakter. Berikut adalah pedoman editorial dari Google AdWords.
a. Kepala(heading): maksimum 25 karakter.
b. Line 1: maksimum 35 karakter.
c. Baris 2: maksimum 35 karakter.
d. URL Tampilan: maksimum 35 karakter.
e. Tidak ada tanda seru berulang.
f. Tidak ada kata ditulis dalam huruf besar semua.
g. Tidak ada kata-kata omong kosong dapat digunakan.
h. Tidak ada klaim "terbaik", "nomor satu" atau superlatif dapat digunakan
kecuali dapat diverifikasi oleh pihak ketiga.
i. Nomor produk dapat digunakan.
Kebanyakan iklan PPC, biasanya tidak terdapat gambar untuk melengkapi teks. Oleh karena itu menulis salinan iklan yang efektif adalah sebuah keterampilan penting untuk iklan PPC. Memasukkan kata kunci pencarian dinamis ke dalam salinan iklan yang muncul atau menggunakan kata kunci dalam salinan iklan. Gunakan kata-kata menarik dan mengajak sehingga pengguna tahu apa yang harus dilakukan dan apa yang diharapkan, misalkan: coba sekarang, mendaftar sekarang, beli sekarang. Banyak pengiklan menempatkan tawaran dalam salinan iklan, seperti diskon atau penawaran voucher, jasa seperti pengiriman gratis, belanja aman atau pengiriman cepat.
Berbeda dengan iklan PPC di Facebook, Anda dapat memanfaatkan teks dan gambar. Iklan PPC Facebook dapat digunakan untuk mengarahkan traffic ke aset di Facebook (sebuah halaman, event,aplikasi atau kelompok), atau dapat digunakan untuk mengarahkan traffic ke eksternal website.
Sebuah iklan Facebook terdiri dari.
a. Judul (25 karakter maksimum), yang terkait dengan URL tujuan (atau Facebook destination).
b. Gambar (110 x 80 piksel).
c. Badan teks (135 karakter maksimum).
d. konteks sosial, yang memungkinkan pengguna lain untuk melihat iklan yang ditampilkan oleh teman kita.
2. Optimasi PPC
a. Memilih kata kunci yang tepat
Ketika kalian akan beriklan menggunakan PPC maka mesin pencari membutuhkan kata kunci sebagai acuan. Kalian harus dapat membuat daftar kata kunci yang tepat. Sebagai gambaran pada Google AdWords menggunakan jenis pencocokan berikut.
1) Luas (Broad)
Dengan cara ini, iklan kalian akan muncul sesuai dengan kata kunci yang dimasukan, mengandung kata kunci tersebut dan kata-kata dengan urutan apa pun, serta beberapa variasi kata kunci (salah
eja dan sinonim).
2) Frasa(Phrase)
Pencocokan frasa, dilambangkan dengan tanda kutip pada kata kunci( "Frasa match") berarti iklan Anda akan muncul hanya untuk istilah pencarian yang memiliki kata kunci yang ada di dalamnya, dalam urutan yang sama, meskipun kata lain mungkin juga berada dalam istilah pencarian.contohnya:
Kata Kunci: “Mobil Cepat“
Iklan Anda dapat muncul untuk semua pencarian
berikut:
Mobil Cepat
Mobil Cepat Sport
Mobil Cepat Merah
Balap mobil cepat
Tetapi tidak untuk :
Mobil sport cepat
Sport Mobil
3) Sama persis(Exact)
Sama persis, dilambangkan dengan tanda kurung siku ([sama persis]), berarti iklan tersebut hanya akan muncul untuk istilah pencarian sama persis dengan kata kunci yang dipilih. Contoh
Kata Kunci: [Mobil Cepat]
Iklan Anda dapat muncul untuk semua pencarian
berikut :
Mobil Cepat
Tetapi tidak untuk :
Mobil sport cepat
Sport Mobil
Mobil Cepat Sport
Mobil Cepat Merah
4) Negatif(Negative)
Pencocokan negatif, dilambangkan dengan menggunakan tanda dash di depan kata kunci(-negatif), berarti iklan Anda tidak akan muncul dalam pencarian menggunakan kata itu, tidak peduli apa kata-kata lain yang digunakan. Contoh.
Kata Kunci : Mobil Cepat -Sport
Iklan Anda dapat muncul untuk semua pencarian
berikut :
Mobil Cepat
Tetapi tidak untuk :
Mobil sport cepat
Sport Mobil
Mobil Cepat Sportb.
b. Bahasa dan lokasi iklan
Saat beriklan, kalian dapat melakukan pemilihan lokasi/geografis dan bahasa, atau disebut geo-targeting, Penargetan ini bertujuan agar kalian tahu bahwa lalu lintas website yang kalian miliki berasal dari pengguna internet yang relevan yaitu berdasarkan lokasi dan bahasa yang mereka gunakan.
c. Perilaku dan demografi
Iklan PPC juga dapat ditargetkan berdasarkan perilaku pribadi.Kalian dapat menargetkan iklan berdasarkan beberapa hal berikut.
1) Jenis Kelamin
2) Lokasi
3) Status hubungan
4) Kelompok Umur
Anda juga dapat menargetkan berdasarkan.
1) Suka dan kepentingan
2) Interaksi dengan merek/produk
d. Menambah ekstensi advert
Google khususnya sering bereksperimen dengan cara-cara menambah
informasi untuk iklan PPC. Ini disebut sebagai Ekstensi Iklan. Untuk pengiklan
PPC, Ekstensi Iklan menawarkan cara untuk mendapatkan informasi
tambahan yang ditampilkan pada iklan PPC tanpa mempengaruhi batas iklan
salinan standar. Saat ini, Google menawarkan lima ekstensi Iklan PPC teks
yaitu.
1) Perluasan Lokasi
Perluasan lokasi untuk iklan lokal memungkinkan untuk menambahkan
informasi lokasi dan gambar untuk iklan. Untuk menggunakan ekstensi ini,
akun AdWords dan Bisnis Lokal( www.google.com/local ) perlu
dihubungkan.
2) Sitelinks Iklan
Sitelinks Iklan memungkinkan untuk menampilkan hingga empat link,
masing-masing link dengan tujuan URL yang berbeda. Untuk Link teks
standar dibatasi hingga 35 karakter. Dengan Sitelinks Iklan memungkinkan
untuk mengarahkan pengguna ke web atau tempat yang lebih relevan.
3) Ekstensi Telepon
Perpanjangan telepon memungkinkan Anda untuk menampilkan nomor
telepon lokal di garis bawah iklan yang teks standar.
4) Ekstensi produk
Dengan menghubungkan akun AdWords ke akun Google Merchant Center
dan menyediakan feed produk, Anda dapat menyertakan gambar produk di
PPC iklan bila tersedia. Hal ini sangat berguna bagi pengiklan eCommerce.
5) Penjual ratings ekstensi
Google akan mencoba untuk mencocokkan domain yang digunakan dalam
iklan untuk meninjau web untuk menampilkan peringkat dari informasi
bersama-sama dengan iklan teks. Hal ini sangat berguna jika Anda
memiliki peringkat yang sangat baik.
e. Penawaran dan peringkat
Seorang pengiklan PPC harus menentukan nilai maksimum pembayaran
setiap iklan yang diklik dan memutuskan nilai tawaran tersebut untuk setiap
kata kunci yang dimasukkan untuk iklan. Tawaran ini disubut CPC(Cost per
Click) maksimum, atau CPC Maks, Setiap kali permintaan pencarian data dimasukkan, mesin pencari menjalankan
lelang untuk menentukan iklan mana yang
akan ditampilkan berdasarkan penawaran
tertinggi, lokasi dan kata kunci. Lelang ini
dikenal sebagai Generalised Second Price
(GSP), yang merupakan variasi pada lelang
Vickrey.
Dalam lelang GSP, setiap pengiklan akan membayar tawaran dari pengiklan di
bawahnya, ditambah kenaikan standar (biasanya $ 0,01, jika kurs Rupiah
terhadap dolar adalah Rp.10.000, maka kurang lebih Rp.100 ), untuk setiap
klik pada iklan. Katakanlah terdapat tiga pengiklan Anton, Budi dan Siska,
mereka bertiga melakukan penawaran yaitu Rp.25.000,-, Rp.30.000 dan
Rp.23.500 pada kata kunci yang sama. Mesin pencari telah menetapkan harga
minimum Rp. 20.500,- pada kata kunci yang sama. Berikut adalah bagaimana
iklan akan diposisikan, dan berapa banyak para pengiklan akan membayar
untuk tiap klik.
Hal ini akan berbeda ketika iklan tampil berdasarkan faktor peringkat, Dalam
Google AdWords, ini dikenal sebagai Angka Mutu (Quality Score(QS)). Angka
Mutu diterapkan pada kata kunci, grup iklan dan tingkat akun. Penting bagi
kalian untuk menjaga Skor seluruh akun yang dimiliki berkualitas baik karena
mempengaruhi peringkat dan biaya per klik. Angka mutu ditentukan oleh
faktor-faktor antara lain:
1) Relevansi kata kunci untuk istilah pencarian.
2) Relevansi salin iklan tersebut ke istilah pencarian.
3) Relevansi halaman website arahan dengan istilah pencarian.
4) Track Record CTR(clickthrough rates) iklan tersebut.
Nilai Skor kualitas dapat di peringkat sebagai berikut.
1) Bagus(8, 9, 10): Kata kunci sangat relevan dan QS tidak perlu perbaikan.
2) OK (5, 6, 7): Kata kunci relevan, tetapi masih bisa mendapatkan
keuntungan dari QS tinggi.
3) Buruk (1, 2, 3, 4): Kata kunci ini tidak relevan dan QS perlu perbaikan.
f. Konversi dan harga klik-tayang
Mesin pencari dalam menentukan iklan yang akan ditampilkan melihat faktor
lain seperti relevansi, tujuannya adalah mencoba memastikan bahwa tidak
hanya yang berkantong tebal yang dapat di posisi teratas sebagai pengiklan.
Mesin pencari memastikan bahwa pengguna menemukan iklan yang relevan, jika tidak maka pencari informasi akan cenderung kurang atau tidak sama
sekali mengklik iklan yang ditawarkan. Jika tidak ada iklan yang diklik berarti
tidak ada pendapatan. Iklan dengan peringkat teratas biasanya memiliki rasio
klik per tayang tertinggi (RKT) dan pengiklan mendapatkan hasil klik maksimal. Berada di posisi teratas berarti Anda akan membayar lebih banyak
per klik. Banyak klik pada harga yang lebih tinggi dapat menguras anggaran
kalian. Selain itu, banyak orang mengklik hasil pencarian yang terletak
dibagian teratas tanpa membaca teks tersebut iklan atau tidak.
CTR sebuah iklan adalah clicks/impression . Tingkat konversi dari sebuah iklan
adalah konversi/klik. Biaya per tindakan (atau biaya per setiap konversi)
adalah total biaya kampanye/ jumlah konversi. Biaya rata-rata per klik adalah
total biaya kampanye/jumlah klik. Sebagai pemasang iklan, Anda perlu
mengetahui nilai setiap konversi sehingga Anda tidak membayar terlalu
banyak untuk iklan yang diklik.
g. Website tujuan
Iklan PPC tidak hanya tentang menciptakan iklan dan penawaran untuk kata
kunci. Proses berlanjut setelah seorang pengguna internet mengklik iklan.
Halaman yang pengakes iklan tuju, dengan mengklik sebuah iklan disebut
halaman arahan. Halaman arahan dapat membuat atau menghancurkan
kampanye iklan. Penyebabnya buruk dalam tampilan dan target yang tidak
jelas. Kampanye PPC akan mengirim semua pengguna ke halaman depan
web. Kampanye convert yang akan memastikan bahwa pengguna mendarat di
halaman yang relevan dengan apa yang konsumen inginkan. Mengirimkan
pengguna ke halaman rumah memberikan mereka banyak pilihan lain untuk
memilih. Sebagai contoh, jika seseorang mencari " Canon EOS 450D ",
Pengiklan yang kurang baik akan mengirimkan konsumen ke
www.canon.co.uk. Sebuah kampanye yang lebih baik akan mengarakan
pengguna ke halaman yang dituju dengan URL:
www.canon.co.uk/For_Home/Product_Finder/Cameras/Digital_SLR/EOS_450
D/index.asp
Halaman arahan juga menunjukkan relevansi dengan mesin pencari, yang
dapat meningkatkan angka mutu dari iklan tersebut, dan pada gilirannya
menurunkan BPK kata kunci. Menambahkan halaman ke website yang kaya
kata kunci juga dapat membawa manfaat SEO(Search Engine Optimising).
Kampanye PPC sering memiliki ribuan kata kunci, yang berarti bahwa ada
akan banyak halaman arahan yang akan dibangun! Atau membuat halaman
arahan yang dinamis. Cobalah selalu berpikir layaknya konsumen, kira-kira
apa yang mereka harapkan ketika mengklik iklan?. Ketika kalian menjual
produk maka halaman arahannya harus ke detail produk yang didalamnya
terdapat langkah selanjutnya yang harus dilakukan oleh konsumen seperti
tambahkan kedalam keranjang belanja, mendaftar newsletter.
h. Pelacakan
Pelacakan konversi biasanya dilakukan
dengan pixel pelacakan kecil yang ada di konversi halaman konfirmasi dari
website. Google AdWords menawarkan konversi tag pelacakan, yang
memungkinkan Anda untuk melaporkan pada AdWords kampanye melalui
konversi. Dalam rangka untuk melacak banyak jaringan lain, diperlukan,
pelacakan pihak ketiga misalnya www.wordtracker.com. Jika Anda
mengirimkan lalu lintas ke website yang menggunakan Google Analytics, Anda
dapat menggunakan pelacakan kampanye untuk melacak dan melaporkan
kampanye yang mengarahkan lalu lintas ke website.
3. Menyiapkan Kampanye PPC
a) Perencanaan
Agar kampanye Anda sukses. Anda perlu melakukan analisis online dan offline
dari bisnis/produk yang akan ditawarkan, tujuan/target, demografi pelanggan,
pesaing, dan cara beriklan atau ukuti acuan 5W1H (what, when, where, who,
why dan how) misalkan.
1) Apa yang akan Anda jual.
2) Merek apa yang harus Anda gunakan.
3) Apa yang dilakukan pesaing untuk pemasaran online dan dimana mereka
beriklan.
4) Bagaimana konsumen mengetahui dan mencari tahu akan produk yang
kita tawarkan
5) Apakah tujuan website yang Anda buat? Menjual produk lebih
banyak?Mendidik konsumen akan produk?meningkatkan kesadaran akan
merek? membangun database marketing melalui pendaftaran newsletter?
b) Anggaran
Tentukan seberapa banyak Anda bersedia menghabiskan anggaran untuk
mencapai tujuan Anda(biaya per action). Putuskan berapa banyak anggaran
Anda untuk kampanye PPC atau beriklan/berpromosi.
Anda juga dapat memanfaatkan sebuah tool untuk menghitung anggaran
dalam melakukan kampanye PPC misalnya pada alamat
http://www.ppcbudget.com/ppc-roi-calculator/
Ketika Anda melaksanakan sebuah iklan PPC agar Anggaran Anda dapat
dihemat ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan yaitu.
a) Jangan melakukan penawaran untuk berada di posisi teratas, selama
posisi iklan Anda berada di antara posisi 2 dan 4 maka iklan Anda akan
tetap ditayangkan dan ada kemungkinan di klik sehingga biaya yang
dikeluarkan tidak terlalu besar.
b) Pengaturan waktu. Anda harus mengatur iklan Anda tampil pada waktu
yang tepat dan jam yang tepat pula contoh kalau Anda menjual produk
antar makan siang maka aturlah iklan Anda tampil untuk jam makan siang.
c) Pengaturan lokasi. Pastikan Anda mengatur lokasi sesuai dengan target
yang diharapkan jika konsumen Anda dari bandung, aturlah untuk daerah
bandung sebagai batasannya.
d) Kata Kunci
Anda perlu menentukan kata kunci apa yang konsumen cenderung
gunakan ketika mencari layanan yang Anda tawarkan. Seiring dengan itu,
Anda perlu tahu.
(1). Kesalahan ejaan yang umum dan biasa terjadi saat pelanggan
memasukan kata kunci.
(2). Kata-kata apa yang akan menunjukkan bahwa mereka tidak mungkin
untuk membeli produk dari Anda (misalkan kata seperti gratis).
(3). Maanfaatkan tool untuk analisis kata kunci. Ada sejumlah alat yang
akan membantu Anda dalam mengembangkan daftar kata kunci, dan
menentukan volume kata kunci. Ada yang gratis dan ada pula yang
berbayar. Semua alat-alat ini harus digunakan sebagai pedoman saja
misalnya www.keyworddiscovery.com dan http://www.spyfu.com/
c) Memilih platform PPC
Ada beberapa teori bahwa platform PPC yang berbeda lebih baik untuk
industri yang berbeda pula, misalnya, bahwa Yahoo! memberikan tarif yang
lebih murah dari Google untuk iklan travel. Namun, hal ini adalah subyektif,
Sebagian besar pengiklan besar biasanya akan menjalankan kampanye
PPC pada sejumlah platform. Ada beberapa perbedaan kecil setiap
platform dalam hal kebijakan editorial, dan masing-masing sistem memiliki
antarmuka pengguna yang berbeda. Google AdWords mungkin yang
paling terkenal, yang memungkinkan pengguna untuk bertransaksi dalam
mata uang pilihan mereka, serta menawarkan program pelatihan dan
sertifikasi. Google AdWords juga sebagai penargetan geografis terbaik di
seluruh dunia, meskipun penargetan geografis adalah yang ditawarkan
oleh Microsoft adCenter, Facebook, LinkedIn dan Youtube. Setelah Anda
tentukan platform selanjutnya membuat akun dan iklan yang ingin
ditawarkan ke konsumen.
d) Melakukan pengujian, pelacakan, pengukuran iklan
Iklan yang Anda buat harus di uji untuk mengetahui tingkat
keberhasilannya. Setelah proses pengujian dan iklan Anda mulai tayang,
Iklan tersebut perlu dilacak dan diukur untuk mengetahui tingkat
keberhasilan iklan Anda terhadap produk yang dijual.
4. Konsep Adwords
(Diadaptasikan dari https://support.google.com/adwords).
Salah satu media periklanan yang disediakan oleh Google adalah Adwords
seperti pada Gambar 6.11. Dengan Adwords, iklan dapat tampil pada area
yang telah ditentukan, anggaran dapat disesuaikan (tanpa ada kesepakatan
pembelanjaan minimum), iklan dapat diukur dengan mudah dan menjangkau
orang-orang dengan tepat, saat mereka menelusuri apa yang ditawarkan di
Internet. Dengan penawaran biaya per klik, biaya yang dikenakan hanya saat
seseorang mengklik iklan yang ditawarkan. Misalnya, Anda menjalankan toko
roti di Bandung. Tetapkan iklan Anda untuk tampil kepada pelanggan hanya di
lokasi tersebut, dan saat seseorang yang tinggal atau berlibur ke sana
menelusuri Google untuk mencari "roti khas bandung", maka iklan akan
ditampilkan dan diklik untuk terhubung dengan bisnis Anda.
a. Keuntungan beriklan dengan Google AdWords
Beberapa hal penting yang membedakan AdWords dari jenis periklanan
lainnya yaitu.
1) Menjangkau orang-orang pada waktu yang tepat saat mereka
menelusuri apa yang Anda tawarkan
a) Iklan Anda akan ditampilkan kepada orang-orang yang telah
menelusuri jenis produk dan layanan yang Anda tawarkan. Sehingga
orang-orang tersebut lebih cenderung untuk mengambil tindakan.
b) Anda dapat memilih tempat iklan ditampilkan, pada website dan pada
area geografis tertentu(negara bagian, kota, atau bahkan RT/RW).
c) AdWords menjangkau 80% pengguna Internet di Amerika. Itu
merupakan pangsa pasar yang besar serta mesin pencari Google
merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan oleh penffuna
internet.
2) Kontrol anggaran
a) Anda hanya dikenakan biaya saat seseorang mengklik iklan, bukan
saat iklan ditampilkan dengan menggunakan penawaran biaya per klik,
b) Anda memutuskan jumlah (banyak atau sedikit) yang ingin
dibelanjakan setiap bulannya dan Anda tidak akan ditagih melebihi
jumlah itu.
c) Tidak ada komitmen pembelanjaan minimum.
3) Lihat dengan cermat apa yang berfungsi pada iklan Anda dan
kembangkan
a) Lihat laporan mengenai kinerja iklan Anda, lihat berapa banyak
pelanggan baru yang terhubung ke bisnis Anda dari iklan, tempat asal
mereka, dan detail lainnya.
b) Gunakan alat AdWords untuk mengedit dan meningkatkan iklan Anda,
serta meningkatkan jumlah calon pelanggan yang menghubungi bisnis
Anda.
c) Mudah untuk memulai, menjeda atau berhenti. Tanpa ikatan.
b. Cara kerja AdWords
Untuk memahami cara kerja AdWords, Ada beberapa elemen dasar yang
harus Anda pahami yaitu.
1) Kata Kunci
Kata kunci adalah kata atau frasa yang Anda pilih untuk dapat memicu
iklan Anda agar tampil di penelusuran dan website jaringan Google lainnya.
Misalnya, jika Anda menawarkan pengiriman roti buaya, Anda dapat
menggunakan "pengiriman roti buaya" sebagai kata kunci di kampanye
AdWords. Saat seseorang menelusuri Google dengan menggunakan frasa
"pengiriman roti buaya" atau istilah yang serupa, iklan Anda dapat muncul
di samping hasil penelusuran Google. Iklan Anda juga dapat muncul di
website lainnya dalam jaringan Google yang berkaitan dengan pengiriman
roti buaya. Dengan membuat daftar kata kunci yang relevan dengan
produk atau layanan Anda dan memastikan kata kunci tersebut spesifik
(misalnya, "pengiriman roti buaya", bukan hanya "roti"), biasanya Anda
dapat menampilkan iklan kepada orang-orang yang paling berminat
dengan produk atau layanan Anda. Ini meningkatkan kinerja iklan Anda
dan membantu investasi iklan Anda semakin melesat.
Beberapa hal yang harus Anda lakukan ketika memilih kata kunci untuk
kampanye PPC.
a) Buat grup iklan
Sebelum Anda mulai memilih kata kunci untuk kampanye PPC,
pastikan bahwa grup iklan untuk setiap kampanye diatur menurut
produk atau layanan yang Anda tawarkan. Sangat baik untuk memulai
dengan kata kunci yang menggambarkan produk atau layanan yang
Anda iklankan. Lalu, Anda dapat membuat iklan yang berkaitan dengan
kata kunci tersebut yang dapat Google tampilkan kepada pelanggan
saat mereka berada di website yang terkait dengan produk atau
layanan Anda. Anda dapat membuat akun Anda tertata dengan lebih
baik dengan mengelompokkan kata kunci menurut produk atau layanan
Anda.
b) Pilih kata kunci yang akan digunakan pelanggan untuk
mendeskripsikan produk atau layanan dan kata kunci yang berkaitan
satu sama lain. Pedoman membuat daftar kata kunci berkualitas tinggi
yaitu.
(1) Pilih kata kunci yang terkait dengan produk atau layanan Anda.
(2) Buat kelompok yang terdiri atas lima sampai 20 kata kunci yang
terkait erat satu sama lain dan dengan iklan dalam grup iklan
tersebut. Kata kunci dengan dua atau tiga kata (frasa) cenderung
berfungsi paling efektif.
(3) Pilih kata kunci yang terkait satu sama lain. Misalnya, jika Anda
menjual bunga, Anda mungkin ingin menambahkan "mawar" dan
"cokelat" ke dalam daftar kata kunci Anda. Dengan demikian, kata
kunci Anda dapat menampilkan iklan kepada pelanggan yang
mungkin saja berminat membeli selusin tangkai mawar dan sekotak
cokelat.
(4) Pilih kata kunci yang terkait dengan website yang dilihat pelanggan
Anda.
(5) Jika Anda memiliki brand yang kuat dan dikenal dengan baik,
sertakan kata kunci brand Anda.
2) Tempat iklan dapat tampil
Saat Anda beriklan dengan AdWords, iklan dapat tampil diberbagai tempat
di seluruh web, bergantung pada cara Anda menargetkan iklan, kepada
siapa saja akan ditayangkan, dan jenis iklan yang dibuat. Sebelum Anda
memilih tempat menampilkan iklan, cobalah untuk berpikir seperti
pelanggan. Apa yang mereka sukai? Apa kebiasaan mereka? Di mana
lokasi mereka? Apa yang harus Anda ketahui tentang mereka? sehingga
Anda mampu menjangkau pelanggan dengan iklan Anda secara optimal.
Beberapa tempat iklan dapat tampil yaitu.
a) Website non penelusuran
Kata kunci dapat memicu iklan Anda agar muncul pada hasil
penelusuran Google dan website penelusuran lainnya. Namun, kata
kunci juga dapat memicu iklan Anda agar tampil di website lain di
seluruh Internet atau disebut dengan Jaringan Display.
Jaringan Display merupakan kumpulan website mitra dan website
Google tertentu, termasuk Gmail, Blogger, NYTimes.com,
Families.com. dan YouTube yang menampilkan iklan AdWords.
Jaringan ini juga meliputi website dan aplikasi seluler yang
menampilkan iklan (mitra tampilan seluler).
b) Google Penelusuran dan website penelusuran lainnya
Bila Anda menggunakan kata kunci untuk menargetkan iklan, Anda
memilih sekumpulan kata kunci yang terkait dengan produk atau
layanan yang ingin diiklankan. Lalu, saat orang-orang menelusur
menggunakan kata atau frasa yang Anda pilih, iklan teks dapat muncul
di samping, dibawah atau di atas hasil penelusuran yaitu pada.
(1) Website penelusuran Google. Iklan Anda dapat muncul di Google
penelusuran, Google belanja, Google maps, Google gambar, dan
Google grup saat seseorang menelusuri kata kunci Anda. Berikut
contoh untuk kata kunci "jual komputer":(2) Website penelusuran lain yang merupakan bagian dari jaringan
penelusuran. Apabila seseorang menelusur di website
penelusuran yang bermitra dengan Google untuk menampilkan
iklan AdWords, seperti AOL, iklan Anda mungkin muncul di
samping atau di atas hasil penelusuran atau di halaman
penelusuran yang relevan lainnya.
(3) Penelusuran seluler. Iklan Anda dapat tampil
di http://m.google.com, versi seluler Google Penelusuran. Berikut ini
contoh iklan kue mangkuk di penelusuran seluler.
3) Peringkat Iklan
Peringkat Iklan adalah Cara Google menentukan iklan mana yang muncul
dalam posisi seperti apa, Jika beberapa pengiklan menggunakan kata
kunci yang sama untuk memicu iklan mereka atau ingin iklan mereka
tampil pada website yang sama.Peringkat Iklan didasarkan pada kombinasi tawaran (berapa banyak yang
biaya yang teresedia untuk dibelanjakan) serta Angka Mutu (ukuran mutu
iklan, kata kunci, dan web Anda). Tergantung tempat munculnya iklan dan
jenis penargetan yang Anda gunakan, rumus untuk Peringkat Iklan dapat
sedikit berbeda, namun selalu menggabungkan tawaran dan Angka Mutu.
Iklan beredar melalui halaman hasil penelusuran berdasarkan Peringkat
Iklan. Iklan dengan Peringkat Iklan tertinggi muncul pada posisi pertama di
halaman hasil penelusuran. Iklan dengan Peringkat Iklan tertinggi kedua
muncul di bawahnya, dan begitu seterusnya. Saat pengguna menjelajahi
halaman hasil penelusuran berikutnya, dua aturan berikut biasanya berlaku
untuk menentukan lokasi iklan layak tampil. Adapun penempatan iklan
berdasarkan peringkat yaitu.
a) Penempatan "teratas" (bagian atas). Semua iklan berperingkat tinggi
berhak tampil di posisi teratas, asalkan iklan melampaui ambang
tawaran biaya per klik (BPK) dan Angka Mutu. Maksimal tiga iklan
dapat tampil di posisi teratas setiap halaman.
b) Penempatan "Lain" (bagian samping atau bawah). Bagian samping
atau bawah halaman hasil penelusuran dicatat sebagai "Lainnya" di
statistik AdWords, dan dapat ditempati hingga delapan iklan. Iklan yang
sebelumnya tidak pernah muncul
pada penempatan samping atau
bawah biasanya layak muncul di
bagian samping atau bawah.
Misalnya, jika iklan muncul di sisi
Laman 1, iklan biasanya tidak akan
muncul di sisi Laman 2 atau
berikutnya.
4) Penawaran dan Angka Mutu
Tawaran dan Angka Mutu dapat bekerja berbeda di berbagai jenis
kampanye. Dengan iklan bertarget kata kunci di Google dan mitra
penelusurannya, tawaran Anda akan menjadi tawaran biaya per klik
maksimum Anda, jumlah maksimum yang bersedia Anda bayar untuk
setiap klik di iklan Anda. Angka Mutu Anda didasarkan pada relevansi kata
kunci, kualitas halaman yang dituju, rasio klik-tayang (RKT) iklan, yang
disesuaikan untuk posisinya di halaman tersebut dan beberapa faktor
lainnya.
Untuk iklan bertarget penempatan di Google Display Network yang
menggunakan Penawaran biaya per seribu tayangan (BPS), Angka Mutu
Anda didasarkan pada kualitas halaman yang dituju. Ada sejumlah variasi,
tetapi umumnya tetap sama.
Dengan meningkatkan faktor-faktor berikut, Anda dapat membantu
meningkatkan Angka Mutu dengan cara.
a) Rasio klik-tayang (RKT) yang diharapkan dari kata kunci
Anda. RKT yang diharapkan didasarkan sebagian pada RKT
sebelumnya dari kata kunci tersebut, atau seberapa sering kata kunci
tersebut menghasilkan klik pada iklan Anda.
b) RKT URL tayangan Anda sebelumnya. Seberapa sering Anda
menerima klik dengan URL tayangan.
c) Riwayat akun Anda: RKT keseluruhan dari semua iklan dan kata kunci
di akun Anda.
d) Mutu halaman website Anda. Seberapa halaman Anda relevan,
transparan, dan mudah untuk dijelajahi.
e) Kata kunci/relevansi iklan Anda. Seberapa relevan kata kunci
dengan iklan Anda.
f) Kata kunci/relevansi penelusuran. Seberapa relevan kata kunci
dengan apa yang ditelusuri pelanggan.
g) Kinerja geografis. Seberapa berhasil akun Anda di wilayah yang Anda
targetkan.
h) Kinerja iklan Anda di suatu website. Seberapa baik kinerja iklan
Anda di website ini dan website serupa (jika Anda menargetkan Display
Networ).
i) Perangkat yang ditargetkan. Seberapa baik kinerja iklan Anda pada
berbagai jenis perangkat, seperti desktop/laptop, perangkat seluler, dan
tablet.
Angka Mutu digunakan dalam beberapa cara dan dapat mempengaruhi
hal-hal berikut di akun Anda.
a) Kelayakan lelang iklan. Angka Mutu yang lebih tinggi membuat lebih
mudah dan murah bagi kata kunci untuk memasuki lelang iklan.
b) Biaya per klik (BPK) aktual kata kunci Anda. Angka Mutu yang lebih
tinggi menghasilkan BPK yang lebih rendah. Hal itu berarti Anda
membayar lebih sedikit untuk setiap klik bila kata kunci Anda memiliki
Angka Mutu yang lebih tinggi.
c) Taksiran tawaran halaman pertama kata kunci Anda. Angka Mutu
yang lebih tinggi menghasilkan taksiran tawaran halaman pertama
yang lebih rendah. Hal itu berarti iklan Anda semakin mudah untuk
tampil di halaman pertama hasil penelusuran bila kata kunci Anda
memiliki Angka Mutu yang lebih tinggi.
d) Taksiran tawaran halaman bagian atas kata kunci Anda. Angka
Mutu yang lebih tinggi menghasilkan taksiran tawaran halaman bagian
atas yang lebih rendah. Hal itu berarti iklan Anda semakin mudah untuk
tampil pada bagian atas halaman bila kata kunci Anda memiliki Angka
Mutu yang lebih tinggi.
e) Posisi iklan. Angka Mutu yang lebih tinggi menghasilkan posisi iklan
yang lebih tinggi. Itu artinya iklan Anda dapat tampil lebih tinggi di
halaman bila kata kunci Anda memiliki Angka Mutu yang lebih tinggi.
f) Kelayakan untuk ekstensi iklan dan format iklan lainnya. Beberapa
format iklan membutuhkan Angka Mutu minimum untuk tampil. Selain
itu, Peringkat Iklan menentukan layak tidaknya iklan Anda ditampilkan
bersama ekstensi iklan dan format iklan lainnya, seperti tautan website.
Karena Peringkat Iklan adalah fungsi dari Angka Mutu Anda, Angka Mutu yang lebih tinggi dapat meningkatkan kemungkinan iklan Anda
ditampilkan dengan ekstensi dan format lainnya.
c. Cara pembayaran AdWords
Cara pembayaran AdWords memiliki banyak pilihan yang tersedia diantaranya.
1) Pembayaran otomatis yaitu membayar setelah iklan berjalan
Bila lampu di rumah Anda pernah mati karena lupa membayar tagihan
listrik, setelan ini cocok untuk Anda. Dengan pembayaran otomatis, Anda
menyiapkan bentuk pembayaran di akun dan biaya akan dibayarkan
secara otomatis. Ini membantu memastikan bahwa iklan Anda selalu
berjalan meskipun listrik Anda mati.
Cara kerjanya Anda hanya ditagih setelah Anda dikenai biaya iklan. Dan
Anda akan ditagih dalam satu dari dua skenario: 30 hari setelah
pembayaran terakhir Anda, atau setiap kali biaya Anda mencapai ambang
penagihan (jumlah yang ditetapkan yang memicu tagihan).
2) Pembayaran manual yaitu membayar sebelum iklan berjalan
Bila Anda ingin membayar iklan sebelum iklan berjalan dan memiliki
anggaran biaya yang tidak pasti, setelan ini mungkin cocok untuk Anda.
Dengan setelan pembayaran manual, Anda melakukan pembayaran
dengan jumlah dan waktu sesuai keinginan Anda.
Cara kerjanya, Anda melakukan pembayaran ke akun
AdWords sebelum iklan berjalan. Lalu saat iklan berjalan, biaya iklan
dipotong dari pembayaran yang Anda lakukan. Google dapat memberi tahu
Anda melalui surat elektronik (jika Anda memintanya) bila saldo akun mulai
menipis, Anda dapat melakukan pembayaran berikutnya kapan pun Anda
mau.
3) Faktur bulanan yaitu membayar menggunakan batas kredit seperti
pembayaran kartu kredit. Faktur bulanan merupakan setelan pembayaran
yang digunakan Google untuk menambah batas kredit untuk Anda atas
biaya iklan dan Anda menerima faktur setiap bulan yang Anda bayar
dengan cek atau transfer. Anda melakukan pembayaran sesuai dengan
persyaratan dan ketentuan yang Anda setujui saat mendaftar ke faktur
bulanan. Anda dapat mengajukan permohonan untuk menggunakan faktur
bulanan bila bisnis Anda memenuhi persyaratan tertentu. Persyaratan
tersebut mencakup, namun tidak terbatas pada:
1) Terdaftar sebagai bisnis selama minimum satu tahun.
2) Pembelanjaan minimum $5.000 per bulan (jumlah ini dapat bervariasi
di setiap negara).
d. Cara biaya dihitung di AdWords
AdWords memberi Anda kontrol terhadap biaya iklan. Tidak ada jumlah
minimum yang harus Anda belanjakan. Anda menetapkan anggaran harian
rata-rata dan memilih bagaimana Anda akan menghabiskan uang Anda. Setiap
kali seseorang menelusuri Google, AdWords menjalankan lelang untuk
menentukan iklan yang tampil di halaman hasil penelusuran, serta peringkatnya di halaman. Untuk menempatkan iklan dalam lelang ini, Anda
harus terlebih dulu memutuskan untuk jenis tindakan pelanggan apa Anda
akan membayar. Misalnya, Anda mungkin memilih untuk membayar atas
tindakan berikut.
1) Frekuensi iklan Anda ditayangkan.
Ini dikenal sebagai tawaran biaya per seribu tayangan atau BPS. Google
menyarankan metode penawaran BPS jika Anda ingin meningkatkan
kesadaran akan merek Anda. Perhatikan bahwa penawaran BPS tersedia
hanya untuk kampanye display network.
2) Setiap kali salah satu iklan Anda menerima klik.
Ini dikenal sebagai tawaran biaya per klik atau BPK. Google menyarankan
metode penawaran BPK jika Anda ingin mendorong akses pengunjung ke
website Anda.
3) Setiap kali orang-orang melakukan tindakan tertentu di website Anda
setelah mengklik salah satu iklan Anda.
Ini dikenal sebagai tawaran biaya per akuisisi atau BPA. Google
menyarankan metode penawaran BPA bagi pengiklan AdWords musiman
yang tertarik dengan konversi, seperti pembelian atau pendaftaran
e. Alat pembayaran
Anda dapat membayar dengan kartu kredit, debit, rekening bank, atau transfer
uang ke Google. Masing-masing negara menawarkan bentuk pembayaran
yang berbeda, jadi pastikan untuk memeriksa bentuk pembayaran yang
tersedia di lokasi Anda.
f. Penagihan
Pada pembayaran otomatis, Google menagih biaya iklan Anda setelah 30 hari
penagihan otomatis terakhir atau setiap kali akun Anda mencapai jumlah yang
telah ditetapkan sebelumnya yang dikenal sebagai ambang penagihan.Namun, jika Anda dikenakan biaya Rp. 500.000 dalam siklus penagihan 30
hari.
1) Anda akan ditagih secepatnya.
2) Ambang Anda akan meningkat menjadi Rp. 2.000.000.
3) Siklus penagihan 30 hari yang baru akan dimulai.
Harap diperhatikan bahwa jumlah yang ditagih mungkin akan sedikit lebih
besar daripada ambang tersebut jika biaya akun meningkat dengan sangat
cepat.
g. Iklan dan persetujuan
Semua iklan Google AdWords melewati proses persetujuan untuk memastikan
iklan tersebut aman dan sesuai bagi pengguna. Google meninjau setiap iklan
untuk melihat apakah iklan mematuhi kebijakan periklanan Google. Jika
Google menemukan masalah, Google akan memberi tahu Anda lebih lanjut tentang kebijakannya dan apa yang dapat Anda lakukan agar iklan Anda
berjalan lagi. Berikut adalah beberapa contoh kebijakan website Google.
1) Kurangnya konten unik pada website Anda
a) website yang didesain dengan tujuan utamanya semata-mata untuk
menampilkan iklan(Arbitrase).
b) website yang menyalin konten dari website lain(duplikasi).
c) website yang tidak memberikan konten unik dan berharga bagi
pengguna.
2) Masalah teknis pada website Anda
a) Perangkat lunak perusak (website yang terinfeksi perangkat lunak
perusak atau yang menjual perangkat lunak berbahaya).
b) Informasi pribadi (website yang mengumpulkan informasi pribadi yang
sensitif dan tidak dihosting di server "https" yang aman).
3) Pengalaman pengguna yang menyesatkan
a) Halaman jembatan (halaman web yang menyertakan halaman "pintu"
yang tujuan utamanya mengarahkan pengunjung ke website yang
berbeda).
b) Keamanan pengguna (website dan bisnis yang tampak menipu atau
menyesatkan, dan/atau melanggar persyaratan dan ketentuan Google).
c) Penjualan item yang digratiskan (website yang menjual item atau
layanan yang biasanya diberikan secara gratis).
d) Afiliasi tersirat (website yang menyiratkan afiliasi, kemitraan, atau
hubungan khusus dengan Google atau pihak ketiga yang tidak terkait
tanpa otorisasi yang jelas).
e) Penagihan tidak jelas (website dengan proses checkout yang tidak
memberikan model penagihan atau penetapan harga yang transparan).
f) Barang palsu (website yang mempromosikan produk tidak asli dalam
upaya untuk menawarkan produknya sebagai produk asli).
Cara mengirim iklan untuk ditinjau ke pada Google prosesnya otomatis. Kapan
pun Anda membuat iklan baru atau mengubah iklan yang ada, iklan akan
dikirim kepada Google secara otomatis untuk ditinjau. Setelah Anda
menyimpan iklan, iklan biasanya akan muncul dengan status dalam
peninjauan atau layak. Iklan berstatus "layak" berarti diijinkan berjalan di
halaman tertentu sebelum disetujui, iklan berstatus "dalam peninjauan" berarti
tidak dapat berjalan di mana saja sampai iklan ditinjau dan disetujui, hal
tersebut dikarenakan iklan harus diperiksa lebih detail untuk memastikan
kepatuhannya terhadap kebijakan Google. Jika website Anda ditangguhkan
karena bermasalah dengan kebijakan, Anda dapat memperbaiki masalah
tersebut, kemudian mengirim ulang website Anda untuk ditinjau kembali. Lama
peninjauan berlangsung dalam waktu 1 hari kerja untuk sebagian besar iklan.
Beberapa peninjauan mungkin butuh waktu lebih lama karena harus menjalani
peninjauan yang lebih rumit.Google akan memberikan salah satu dari beberapa status persetujuan untuk
iklan Anda selama dan setelah peninjauan untuk mengetahui apakah iklan
mematuhi kebijakan periklanan atau tidak. Beberapa status persetujuan yaitu.
1) Status yang dapat memungkinkan iklan Anda berjalan.
a) Disetujui. Iklan mematuhi kebijakan Google, sehingga diizinkan tampil
untuk seluruh pemirsa.
b) Ditayangkan (iklan video). Iklan video disetujui muncul di YouTube.
2) Status yang dapat memungkinkan iklan Anda berjalan dengan
batasan.
a) Layak. Iklan masih dalam peninjauan, namun sementara itu iklan dapat
tampil di halaman Google penelusuran.
b) Disetujui (terbatas). Iklan dapat berjalan, namun tidak pada semua
situasi karena pembatasan kebijakan seperti kebijakan seputar
penggunaan merek dagang dan iklan perjudian.
c) Disetujui (tidak aman bagi keluarga). Iklan dapat berjalan, namun tidak
pada semua situasi karena pembatasan pada konten yang Google
anggap "tidak aman bagi keluarga".
d) Disetujui (dewasa). Iklan dapat berjalan, namun tidak pada semua
situasi karena pembatasan pada konten khusus dewasa.
3) Status yang dapat mencegah iklan Anda berjalan.
a) Dalam peninjauan. Iklan Anda masih ditinjau dan tidak dapat
ditampilkan sampai disetujui.
b) Belum ditayangkan (iklan video). Iklan video belum disetujui untuk
muncul di YouTube tetapi sedang dalam peninjauan.
c) Tidak disetujui. Iklan tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya
karena melanggar kebijakan AdWords.
d) Website ditangguhkan, Iklan tidak dapat berjalan karena halaman web
yang dipromosikan melanggar kebijakan AdWords.
e) Tidak ditayangkan (iklan video). Semua format (judul, deskripsi, video,
dan lain-lain) dari iklan video tersebut tidak disetujui.
f) Dengan masalah (iklan video). Satu atau beberapa format iklan video
ditandai sebagai "Tidak Disetujui" atau "Disetujui (terbatas)".
Untuk memperbaiki masalah-masalah kebijakan website Anda dapat
melakukan dengan cara.
1) Cari tahu kebijakan yang dilanggar oleh website Anda. Umumnya Anda
akan menerima email dari adwords-noreply@Google.com yang
menyertakan tautan berisi informasi lebih lanjut tentang kebijakan spesifik
dan cara memperbaiki masalah.
2) Buat perubahan pada website Anda.
3) Kirimkan kembali website Anda kepada Google.
5. Menggunakan Adwords
a) Membuat website dengan Google Sites
Google Sites adalah aplikasi online gratis yang menjadikan pembuatan
website semudah mengedit dokumen. Anda dapat mengubah sesuaikan
website sesuai keinginan, dan bahkan mengunggah gambar yang terkait
dengan bisnis atau layanan Anda. Lalu, Anda dapat menggunakan URL
website itu dalam iklan AdWords sehingga calon pelanggan diarahkan ke
website tersebut saat mengklik iklan Anda.
Berikut ini cara membuat website baru.
1) Kunjungi www.google.com/sites.
2) Masuk dengan Akun Google Anda. Jika Anda tidak memiliki akun, klik
Daftar ke Sites dan ikuti langkah-langkah untuk membuat Akun Google.
3) Klik tombol Buat website baru untuk memulai.
4) Namai website Anda. Setelah Anda memasukkan nama, URL akan dibuat
secara otomatis dalam kotak. (Perhatikan: Saat Anda membuat akun
AdWords, Anda harus memasukkan URL ini di langkah #2.)
5) Masukkan deskripsi singkat tentang website Anda (langkah ini opsional).
6) Di samping Bagikan dengan, pilih tombol Semua orang di dunia dapat
melihat website ini, sehingga siapa pun dapat melihat website Anda.
7) Pilih tema website (tata letak website). Untuk melihat tema yang lain, klik
Tema lainnya...
8) Klik Buat website.
b) Memulai penggunaan AdWords
Berikut ini cara memulai program periklanan online Google dalam tiga langkah
dasar.
1) Membuat akun
Anda dapat membuat akun AdWords baru kapan saja dengan mengunjungi
beranda AdWords di https://adwords.google.com. Proses ini sedikit
berbeda tergantung pada apakah Anda telah menggunakan produk Google
lainnya atau Anda baru menggunakan Google. Jika Anda sudah
menggunakan produk Google lainnya. Apabila Anda sudah memiliki
Akun Google misalnya Gmail, Anda dapat menggunakan alamat surat
elektronik dan sandi akun tersebut untuk mengakses Adwords. Caranya.
(a) Kunjungi beranda AdWords di https://adwords.google.com.
(b) Masuklah dengan memasukkan sandi dan alamat email Akun Google
Anda atau nama pengguna Gmail Anda.
(c) Pilih negara dan zona waktu yang Anda inginkan untuk akun Anda.
Karena Google menetapkan penagihan dan statistik berdasarkan zona
waktu yang Anda pilih, harap pilih dengan cermat. Anda hanya dapat
mengubah zona waktu satu kali setelah penyiapan ini.(d) Pilih mata uang yang ingin Anda gunakan untuk akun. Tagihan Anda
akan menggunakan mata uang ini dan ini juga akan digunakan pada
laporan kinerja Anda. Anda tidak dapat mengubah mata uang setelah
penyiapan ini.
(e) Klik Lanjutkan.
(f) Cari surat elektronik verifikasi di alamat email yang baru saja Anda
gunakan untuk mendaftar ke AdWords.
(g) Klik tautan verifikasi di email untuk mengaktifkan akun Anda.
Jika Anda belum menggunakan produk Google lainnya Anda hanya
membutuhkan alamat email yang aktif untuk memulai. Caranya.
(a) Kunjungi website AdWords di https://adwords.google.com.
(b) Klik Mulai sekarang.
(c) Pada halaman Buat Akun Google, pilih tombol di samping Saya tidak
menggunakan layanan lainnya tersebut.
(d) Masukkan alamat surat elektronik yang aktif beserta sandinya.
Sebaiknya Anda memilih sandi yang rumit. Hal ini memberikan
perlindungan yang lebih baik pada akun dari pembajak.(e) Masukkan huruf terdistorsi pada kotak di bawah informasi sandi.
(f) Klik Buat Akun.
(g) Pilih negara dan zona waktu yang Anda inginkan untuk akun Anda.
Karena Google menetapkan penagihan dan statistik berdasarkan zona
waktu yang Anda pilih, harap pilih dengan cermat. Anda hanya dapat
mengubah zona waktu satu kali setelah penyiapan ini.
(h) Pilih mata uang yang ingin Anda gunakan untuk akun. Tagihan Anda
akan menggunakan mata uang ini dan ini juga akan digunakan pada
laporan kinerja Anda. Anda tidak dapat mengubah mata uang setelah
penyiapan ini.
(i) Klik Lanjutkan.
(j) Cari email verifikasi di alamat email yang baru saja Anda gunakan
untuk mendaftar ke AdWords.
(k) Klik tautan verifikasi di email untuk mengaktifkan akun Anda.
2) Membuat iklan pertama
Setelah Anda membuat akun dan mengonfirmasikan email, Google akan
mengarahkan Anda langsung ke halaman tempat Anda dapat menyatukan
iklan pertama. Ini adalah kesempatan Anda untuk menjadi kreatif. Anda
dapat memilih tempat iklan ditampilkan, menentukan anggaran, membuat
iklan, dan memilih beberapa kata atau frasa (Google menyebutnya sebagai
kata kunci) yang dapat membuat iklan tampil di samping konten yang
paling sesuai (misalnya, iklan dapat muncul di samping hasil penelusuran
Google atau di website mitra Google).
a) Memilih tempat iklan dapat tampil: Anda dapat memilih website mana,
di lokasi mana, dan dalam bahasa apa. Jika Anda tidak merasa siap untuk mengambil keputusan tersebut sekarang, pilih saja opsi default.
Pelajari lebih lanjut tentang lokasi penayangan iklan Anda.
b) Memutuskan anggaran: Putuskan jumlah yang bersedia Anda bayar
setiap kali seseorang mengeklik iklan dan tetapkan jumlah maksimum
yang ingin Anda belanjakan setiap hari. Pelajari lebih lanjut tentang
cara menentukan anggaran Anda.
c) Menulis iklan singkat: Tulis judul dan uraian singkat. Misalnya, jika
Anda menjalankan usaha toko kue di dekat Bogor, Anda dapat menulis
judul seperti “Toko Kue Bogor”, dengan uraian seperti “Bika ambon,
lapis legit, dan bolu hangat. Pengiriman lokal gratis”. Dapatkan kiat
tentang cara membuat iklan teks yang sukses.
d) Memilih kata kunci yang dapat membantu iklan tampil dalam
penelusuran: Iklan dapat tampil saat orang-orang menelusuri Google
menggunakan kata yang Anda masukkan dalam iklan. Misalnya, jika
orang-orang menelusuri “bolu blueberry dekat Bogor”, mereka dapat
melihat iklan Anda, dengan judul dan uraian di atas, serta informasi
kontak bisnis Anda. Bergantung opsi yang Anda pilih, mereka juga
dapat melihat iklan Anda pada website mitra Google di seluruh Internet.
Untuk memulai, pilih selusin kata kunci atau lebih -- dan perhatikan
bahwa Anda bebas mengedit atau menambahkannya nanti.
Untuk membuat iklan teks, ikuti langkah-langkah ini:
a) Di bagian "Buat iklan", pilih Iklan teks.
b) Ketik judul, deskripsi, URL tayangan, dan URL tujuan. URL tayangan
adalah alamat web, biasanya halaman depan website Anda, yang
ditampilkan kepada pelanggan bersama iklan Anda, sementara URL
tujuan mengarahkan pelanggan ke halaman tertentu di website Anda.
Kedua URL tersebut harus berisi nama domain yang sama. Misalnya,
iklan dengan www.google.com sebagai URL tayangan dan
www.google.com/ads sebagai URL tujuan dapat diterima karena kedua
URL itu memakai nama domain yang sama, “google.com”
c) Masukkan kata kunci Anda di bagian "Kata kunci". Sebaiknya Anda
mulai dengan 10-20 kata kunci. Anda dapat selalu mengedit atau
menambahkan lebih banyak kata kunci nanti.
d) Klik Simpan. Jika ini adalah kampanye pertama Anda, klik Simpan
dan lanjutkan ke penagihan. Iklan Anda tidak dapat dijalankan jika
Anda belum mengirimkan informasi penagihan.
3) Mengaktifkan akun. Jika akun sudah didaftarkan maka otomatis akun
Anda telah dapat digunakan. Anda hanya perlu login saja dengan cara
buka browser Anda lalu ketikan pada address bar
www.google.com/adwords, kemudian masukan ID email dan kata
sandi(password) Anda.
6. Aplikasi Pembuat Banner
Banner adalah sebuah gambar atau animasi yang ditampilkan pada sebuah
web untuk tujuan periklanan. Banner statis dengan format GIF atau JPEG,
tetapi banner juga dapat menggunakan media lannya seperti Flash, video,
JavaScript, HTML5 dan teknologi interaktif lainnya. Teknologi interaktif
memungkinkan pengunjung untuk berinteraksi dan bertransaksi dalam banner.
Terdapat ukuran standar untuk banner, baik banner statis atau dinamis.
Ukurannya dinyatakan dengan pixel dan byte, misalkan ukuran banner 20px x
20px dengan besar file 50 KiloByte. Ukuran banner dapat dilihat pada Gambar
6.28.
Untuk membuat banner anda dapat menggunakan aplikasi-aplikasi pengolah
gambar seperti.
a) Paint.
b) GIMP.
c) Adobe Photoshop.
d) Coreldraw.
e) Macromedia Flash(banner animasi).
f) Gif Animator.
Anda dapat pula menggunakan aplikasi pembuat banner online seperti pada
www.bannersnack.com.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar