bab 6

Bab 6

Kegiatan Belajar 6
Iklan Pay Per Click (PPC)




1. Konsep Pay per Click
pay per Click atau Biaya per klik dalam bahasa Indonesia, merupakan sistem  pengiklanan menggunakan  media  internet, dimana  pemasang iklan akan dikenai biaya ketika pengguna internet meng-klik iklan yang ditampilkan  pada  halaman  web.  Cara  beriklan  biaya  per  klik,  paling  sering digunakan oleh mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan MSN bahkan pada web media sosial seperti facebook. Selain itu sistem biaya per klik digunakan juga  pada  iklan banner,  direktori  belanja  seperti  Nextag  dan  Shopping.com. Ada  beberapa  langkah  jika Anda ingin  beriklan  menggunakan  biaya  per  klik yaitu.
a. Membuat konten dari iklan yang akan ditawarkan.
b. Membuat salinan iklan yang akan ditampilkan.
c. Menentukan lokasi atau tempat iklan ditampilkan dalam web.
d. Memilih kata kunci yang digunakan agar iklan dapat ditampilkan.
e. Mengatur biaya yang harus dikeluarkan setiap iklan yang diklik.
Sedangkan  langkah-langkah  yang  dilakukan  oleh  penyedia  iklan  biaya  per klik(platform PPC) adalah.
a. Melakukan pengecekan iklan sesuai aturan(pedoman editorial).
b. Menampilkan  iklan  sesuai  dengan  permintaan  pencarian(kata kunci)  atau
kriteria yang lain.
c. Menentukan  peringkat  atau  posisi  iklan  berdasarkan  tawaran  maksimum
pengiklan  dan  keterkatian/relevansi  iklan  yang  meliputi  klik  per
tayang(click-through  rate [CTR]),  salinan  iklan,  kata  kunci  dan  halaman
arahan/web yang dituju dengan relevansi pencarian.

Jenis Iklan PPC pada Adwords atau yang lainnya biasanya berupa teks
(ditampilkan berupa teks pada iklan Search, Display dan Social Networks).
Iklan Text PPC mengikuti struktur dasar yang sama yaitu:
Kepala(header)
Dua baris salinan iklan, yang dapat ditampilkan pada satu
baris
www.DisplayURL.com
(tujuan URL)

URL(Uniform Resource Locator) yang ditampilkan (URL display) belum tentu URL  yang  pengguna akan  klik  dan  menuju  ke  suatu  halaman  web  (URL tujuan).  URL display kadang-kadang  juga disebut  vanity  URL.  URL display harus  domain  yang  sama  dengan  URL  tujuan.  Google  akan hanya menampilkan satu iklan per URL tampilan. Ketika  kalian  membuat  sebuah  iklan  teks  PPC, kalian  akan  dibatasi  dalam penggunaan karakter. Berikut adalah pedoman editorial dari Google AdWords.
a. Kepala(heading): maksimum 25 karakter.
b. Line 1: maksimum 35 karakter.
c. Baris 2: maksimum 35 karakter.
d. URL Tampilan: maksimum 35 karakter.
e. Tidak ada tanda seru berulang.
f. Tidak ada kata ditulis dalam huruf besar semua.
g. Tidak ada kata-kata omong kosong dapat digunakan.
h. Tidak  ada  klaim  "terbaik",  "nomor  satu"  atau  superlatif  dapat  digunakan
kecuali dapat diverifikasi oleh pihak ketiga.
i. Nomor produk dapat digunakan.
Kebanyakan  iklan  PPC,  biasanya  tidak  terdapat  gambar  untuk  melengkapi teks.  Oleh  karena itu menulis  salinan  iklan  yang  efektif  adalah  sebuah keterampilan  penting  untuk  iklan  PPC. Memasukkan  kata  kunci  pencarian dinamis  ke  dalam  salinan  iklan  yang  muncul  atau menggunakan  kata  kunci dalam  salinan  iklan.  Gunakan  kata-kata  menarik  dan  mengajak sehingga pengguna tahu apa yang harus dilakukan dan apa yang diharapkan, misalkan: coba sekarang,  mendaftar  sekarang,  beli  sekarang.  Banyak  pengiklan menempatkan  tawaran  dalam salinan  iklan,  seperti  diskon  atau  penawaran voucher, jasa seperti pengiriman gratis, belanja aman atau pengiriman cepat.
Berbeda dengan iklan PPC di Facebook, Anda dapat memanfaatkan teks dan gambar. Iklan PPC Facebook dapat digunakan untuk mengarahkan traffic ke aset di Facebook (sebuah halaman, event,aplikasi atau kelompok), atau dapat digunakan untuk mengarahkan traffic ke eksternal website.
Sebuah iklan Facebook terdiri dari.
a. Judul  (25  karakter  maksimum),  yang  terkait  dengan  URL  tujuan  (atau Facebook destination).
b. Gambar (110 x 80 piksel).
c. Badan teks (135 karakter maksimum).
d. konteks  sosial,  yang  memungkinkan  pengguna  lain untuk  melihat  iklan yang ditampilkan oleh      teman kita.

2. Optimasi PPC
a. Memilih kata kunci yang tepat
Ketika  kalian  akan  beriklan  menggunakan  PPC  maka  mesin  pencari membutuhkan kata kunci sebagai acuan. Kalian harus dapat membuat daftar kata  kunci  yang  tepat.  Sebagai  gambaran  pada Google  AdWords menggunakan jenis pencocokan berikut.
1) Luas (Broad)
Dengan cara ini, iklan kalian akan muncul sesuai dengan kata kunci yang dimasukan, mengandung kata kunci tersebut dan kata-kata dengan urutan apa  pun,  serta  beberapa  variasi  kata  kunci  (salah
eja  dan  sinonim).
2) Frasa(Phrase)
Pencocokan frasa, dilambangkan dengan tanda kutip pada kata kunci( "Frasa match")  berarti  iklan Anda  akan  muncul  hanya  untuk  istilah  pencarian  yang memiliki kata kunci yang ada di dalamnya, dalam urutan yang sama, meskipun kata lain mungkin juga berada dalam istilah pencarian.contohnya:
Kata Kunci: “Mobil Cepat“
Iklan  Anda  dapat  muncul  untuk  semua  pencarian
berikut:
Mobil Cepat
Mobil Cepat Sport
Mobil Cepat Merah
Balap mobil cepat
Tetapi tidak untuk :
Mobil sport cepat
Sport Mobil
3) Sama persis(Exact)
Sama  persis, dilambangkan  dengan  tanda  kurung  siku  ([sama  persis]), berarti  iklan  tersebut hanya  akan  muncul  untuk  istilah  pencarian  sama persis dengan kata kunci yang dipilih. Contoh
Kata Kunci: [Mobil Cepat]
Iklan  Anda  dapat  muncul  untuk  semua  pencarian
berikut :
Mobil Cepat
Tetapi tidak untuk :
Mobil sport cepat
Sport Mobil
Mobil Cepat Sport
Mobil Cepat Merah
4) Negatif(Negative)
Pencocokan  negatif,  dilambangkan  dengan  menggunakan  tanda dash di depan  kata  kunci(-negatif),  berarti  iklan  Anda  tidak akan  muncul  dalam pencarian  menggunakan  kata  itu,  tidak  peduli  apa  kata-kata  lain  yang digunakan. Contoh.
Kata Kunci : Mobil Cepat -Sport
Iklan  Anda  dapat  muncul  untuk  semua  pencarian
berikut :
Mobil Cepat
Tetapi tidak untuk :
Mobil sport cepat
Sport Mobil
Mobil Cepat Sportb.
b. Bahasa dan lokasi iklan
Saat beriklan, kalian dapat melakukan pemilihan lokasi/geografis dan bahasa, atau  disebut  geo-targeting,  Penargetan  ini  bertujuan  agar kalian  tahu  bahwa lalu  lintas website yang  kalian  miliki  berasal  dari  pengguna  internet  yang relevan yaitu berdasarkan lokasi dan bahasa yang mereka gunakan.
c. Perilaku dan demografi
Iklan PPC juga dapat ditargetkan berdasarkan perilaku pribadi.Kalian  dapat menargetkan iklan berdasarkan beberapa hal berikut.
1) Jenis Kelamin
2) Lokasi
3) Status hubungan
4) Kelompok Umur
Anda juga dapat menargetkan berdasarkan.
1) Suka dan kepentingan
2) Interaksi dengan merek/produk
d. Menambah ekstensi advert
Google  khususnya  sering  bereksperimen  dengan  cara-cara  menambah
informasi untuk iklan PPC. Ini disebut sebagai Ekstensi Iklan. Untuk pengiklan
PPC, Ekstensi  Iklan  menawarkan  cara  untuk  mendapatkan  informasi
tambahan yang ditampilkan pada iklan PPC tanpa mempengaruhi batas iklan
salinan  standar.  Saat  ini,  Google  menawarkan  lima  ekstensi  Iklan  PPC  teks
yaitu.
1) Perluasan Lokasi
Perluasan  lokasi  untuk  iklan  lokal  memungkinkan  untuk  menambahkan
informasi lokasi dan gambar untuk iklan. Untuk menggunakan ekstensi ini,
akun  AdWords  dan  Bisnis  Lokal(  www.google.com/local  )  perlu
dihubungkan.
2) Sitelinks Iklan
Sitelinks  Iklan  memungkinkan  untuk  menampilkan  hingga  empat  link,
masing-masing  link  dengan  tujuan  URL  yang  berbeda.  Untuk  Link  teks
standar dibatasi hingga 35 karakter. Dengan Sitelinks Iklan memungkinkan
untuk mengarahkan pengguna ke web atau tempat yang lebih relevan.
3) Ekstensi Telepon
Perpanjangan  telepon  memungkinkan  Anda  untuk  menampilkan  nomor
telepon lokal di garis bawah iklan yang teks standar.
4) Ekstensi produk
Dengan menghubungkan akun AdWords ke akun Google Merchant Center
dan menyediakan feed produk, Anda dapat menyertakan gambar produk di
PPC iklan bila tersedia. Hal ini sangat berguna bagi pengiklan eCommerce.
5) Penjual ratings ekstensi
Google akan mencoba untuk mencocokkan domain yang digunakan dalam
iklan  untuk  meninjau web untuk  menampilkan  peringkat  dari  informasi
bersama-sama  dengan  iklan  teks.  Hal  ini  sangat  berguna  jika  Anda
memiliki peringkat yang sangat baik.
e. Penawaran dan peringkat
Seorang  pengiklan  PPC  harus  menentukan  nilai  maksimum  pembayaran
setiap  iklan  yang  diklik  dan  memutuskan  nilai  tawaran  tersebut  untuk  setiap
kata kunci yang dimasukkan untuk iklan. Tawaran ini disubut CPC(Cost per
Click)  maksimum,  atau  CPC Maks,  Setiap  kali  permintaan  pencarian  data dimasukkan,  mesin  pencari  menjalankan
lelang  untuk  menentukan  iklan  mana  yang
akan  ditampilkan  berdasarkan  penawaran
tertinggi,  lokasi  dan  kata  kunci.  Lelang  ini
dikenal  sebagai Generalised  Second  Price
(GSP),  yang  merupakan  variasi  pada  lelang
Vickrey.
Dalam lelang GSP, setiap pengiklan akan membayar tawaran dari pengiklan di
bawahnya, ditambah  kenaikan  standar  (biasanya  $  0,01,  jika  kurs  Rupiah
terhadap  dolar  adalah  Rp.10.000,  maka  kurang  lebih  Rp.100  ),  untuk  setiap
klik  pada  iklan.  Katakanlah  terdapat  tiga  pengiklan   Anton,  Budi  dan  Siska,
mereka  bertiga  melakukan  penawaran  yaitu  Rp.25.000,-,  Rp.30.000  dan
Rp.23.500 pada kata kunci yang sama. Mesin pencari telah menetapkan harga
minimum Rp. 20.500,- pada kata kunci yang sama. Berikut adalah bagaimana
iklan  akan  diposisikan,  dan  berapa  banyak  para  pengiklan  akan  membayar
untuk tiap klik.
Hal ini akan berbeda ketika iklan tampil berdasarkan faktor peringkat, Dalam
Google AdWords, ini dikenal sebagai Angka Mutu (Quality Score(QS)). Angka
Mutu  diterapkan  pada  kata  kunci,  grup  iklan  dan  tingkat  akun. Penting  bagi
kalian untuk menjaga Skor seluruh akun yang dimiliki berkualitas baik karena
mempengaruhi  peringkat  dan  biaya  per  klik. Angka  mutu ditentukan  oleh
faktor-faktor antara lain:
1) Relevansi kata kunci untuk istilah pencarian.
2) Relevansi salin iklan tersebut ke istilah pencarian.
3) Relevansi halaman website arahan dengan istilah pencarian.
4) Track Record CTR(clickthrough rates) iklan tersebut.
Nilai Skor kualitas dapat di peringkat sebagai berikut.
1) Bagus(8, 9, 10): Kata kunci sangat relevan dan QS tidak perlu perbaikan.
2) OK  (5,  6,  7):  Kata  kunci relevan,  tetapi  masih  bisa  mendapatkan
keuntungan dari QS tinggi.
3) Buruk (1, 2, 3, 4): Kata kunci ini tidak relevan dan QS perlu perbaikan.
f. Konversi dan harga klik-tayang
Mesin pencari dalam menentukan iklan yang akan ditampilkan melihat faktor
lain  seperti  relevansi,  tujuannya  adalah  mencoba  memastikan  bahwa  tidak
hanya yang berkantong tebal yang dapat di posisi teratas sebagai pengiklan.
Mesin pencari memastikan bahwa pengguna menemukan iklan yang relevan, jika  tidak  maka  pencari  informasi  akan  cenderung kurang  atau  tidak  sama
sekali mengklik iklan yang ditawarkan. Jika tidak ada iklan yang diklik berarti
tidak ada pendapatan. Iklan dengan peringkat teratas biasanya memiliki rasio
klik per tayang tertinggi (RKT) dan pengiklan mendapatkan hasil klik maksimal.  Berada di posisi teratas berarti Anda akan membayar lebih banyak
per klik. Banyak klik pada harga yang lebih tinggi dapat menguras anggaran
kalian.  Selain  itu, banyak  orang  mengklik  hasil  pencarian  yang  terletak
dibagian teratas tanpa membaca teks tersebut iklan atau tidak.
CTR sebuah iklan adalah clicks/impression . Tingkat konversi dari sebuah iklan
adalah  konversi/klik.  Biaya  per  tindakan  (atau  biaya  per  setiap  konversi)
adalah total biaya kampanye/ jumlah konversi. Biaya rata-rata per klik adalah
total  biaya  kampanye/jumlah  klik.  Sebagai  pemasang  iklan,  Anda  perlu
mengetahui  nilai  setiap  konversi sehingga  Anda  tidak  membayar  terlalu
banyak untuk iklan yang diklik.
g. Website tujuan
Iklan PPC tidak hanya tentang menciptakan iklan dan penawaran untuk kata
kunci.  Proses  berlanjut  setelah  seorang  pengguna  internet  mengklik  iklan.
Halaman  yang  pengakes  iklan tuju, dengan  mengklik  sebuah  iklan  disebut
halaman  arahan.  Halaman  arahan  dapat  membuat  atau  menghancurkan
kampanye  iklan. Penyebabnya buruk  dalam  tampilan  dan  target  yang  tidak
jelas.  Kampanye  PPC  akan  mengirim  semua  pengguna  ke  halaman  depan
web. Kampanye convert yang akan memastikan bahwa pengguna mendarat di
halaman  yang  relevan  dengan  apa  yang  konsumen  inginkan.  Mengirimkan
pengguna  ke  halaman  rumah  memberikan  mereka  banyak  pilihan  lain  untuk
memilih.  Sebagai  contoh,  jika  seseorang  mencari  "  Canon  EOS  450D  ",
Pengiklan  yang  kurang  baik  akan  mengirimkan  konsumen ke
www.canon.co.uk.  Sebuah  kampanye  yang  lebih  baik  akan  mengarakan
pengguna ke halaman yang dituju dengan URL:
www.canon.co.uk/For_Home/Product_Finder/Cameras/Digital_SLR/EOS_450
D/index.asp
Halaman  arahan  juga  menunjukkan  relevansi  dengan  mesin  pencari,  yang
dapat  meningkatkan  angka  mutu  dari  iklan  tersebut,  dan  pada  gilirannya
menurunkan  BPK kata kunci.  Menambahkan  halaman ke website yang kaya
kata  kunci  juga  dapat  membawa  manfaat  SEO(Search Engine  Optimising).
Kampanye  PPC  sering  memiliki  ribuan  kata  kunci,  yang  berarti  bahwa  ada
akan  banyak  halaman  arahan  yang  akan  dibangun!  Atau  membuat  halaman
arahan  yang  dinamis.  Cobalah  selalu  berpikir  layaknya  konsumen,  kira-kira
apa  yang  mereka  harapkan  ketika  mengklik  iklan?.  Ketika  kalian  menjual
produk  maka  halaman  arahannya  harus  ke  detail  produk  yang  didalamnya
terdapat  langkah  selanjutnya  yang  harus  dilakukan  oleh  konsumen  seperti
tambahkan kedalam keranjang belanja, mendaftar newsletter.
h. Pelacakan
Pelacakan  konversi  biasanya  dilakukan
dengan  pixel  pelacakan  kecil  yang  ada  di  konversi  halaman  konfirmasi  dari
website.  Google  AdWords  menawarkan  konversi  tag  pelacakan,  yang
memungkinkan  Anda  untuk  melaporkan  pada  AdWords  kampanye  melalui
konversi.  Dalam  rangka  untuk  melacak  banyak  jaringan  lain,  diperlukan,
pelacakan  pihak  ketiga  misalnya  www.wordtracker.com.  Jika  Anda
mengirimkan lalu lintas ke website yang menggunakan Google Analytics, Anda
dapat  menggunakan  pelacakan  kampanye  untuk  melacak  dan  melaporkan
kampanye yang mengarahkan lalu lintas ke website.
3. Menyiapkan Kampanye PPC
a) Perencanaan
Agar kampanye Anda sukses. Anda perlu melakukan analisis online dan offline
dari bisnis/produk yang akan ditawarkan, tujuan/target, demografi pelanggan,
pesaing, dan cara beriklan atau ukuti acuan 5W1H (what, when, where, who,
why dan how) misalkan.
1) Apa yang akan Anda jual.
2) Merek apa yang harus Anda gunakan.
3) Apa yang dilakukan pesaing untuk pemasaran online dan dimana mereka
beriklan.
4) Bagaimana  konsumen  mengetahui  dan  mencari  tahu  akan  produk  yang
kita tawarkan
5) Apakah  tujuan website yang  Anda  buat?  Menjual  produk  lebih
banyak?Mendidik  konsumen  akan  produk?meningkatkan  kesadaran  akan
merek? membangun database marketing melalui pendaftaran newsletter?
b) Anggaran
Tentukan  seberapa  banyak  Anda  bersedia  menghabiskan  anggaran  untuk
mencapai  tujuan  Anda(biaya  per action).  Putuskan  berapa  banyak  anggaran
Anda untuk kampanye PPC atau beriklan/berpromosi.
Anda  juga  dapat  memanfaatkan  sebuah  tool  untuk  menghitung  anggaran
dalam  melakukan  kampanye  PPC  misalnya pada  alamat
http://www.ppcbudget.com/ppc-roi-calculator/
Ketika  Anda  melaksanakan  sebuah  iklan  PPC  agar  Anggaran  Anda  dapat
dihemat ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan yaitu.
a) Jangan  melakukan  penawaran  untuk  berada  di  posisi  teratas,  selama
posisi iklan Anda berada di antara posisi 2 dan 4 maka iklan Anda akan
tetap  ditayangkan  dan  ada  kemungkinan  di  klik  sehingga  biaya  yang
dikeluarkan tidak terlalu besar.
b) Pengaturan  waktu.  Anda  harus  mengatur  iklan  Anda  tampil  pada  waktu
yang  tepat  dan  jam  yang  tepat  pula  contoh  kalau  Anda  menjual  produk
antar makan siang maka aturlah iklan Anda tampil untuk jam makan siang.
c) Pengaturan  lokasi.  Pastikan  Anda mengatur  lokasi  sesuai  dengan  target
yang diharapkan jika konsumen Anda dari bandung, aturlah untuk daerah
bandung sebagai batasannya.
d) Kata Kunci
Anda  perlu  menentukan  kata  kunci  apa  yang  konsumen  cenderung
gunakan ketika mencari layanan yang Anda tawarkan. Seiring dengan itu,
Anda perlu tahu.
(1). Kesalahan  ejaan  yang  umum  dan  biasa  terjadi  saat  pelanggan
memasukan kata kunci.
(2). Kata-kata  apa  yang  akan  menunjukkan  bahwa  mereka  tidak mungkin
untuk membeli produk dari Anda (misalkan kata seperti gratis).
(3). Maanfaatkan  tool  untuk  analisis  kata  kunci.  Ada  sejumlah  alat  yang
akan  membantu  Anda  dalam  mengembangkan daftar kata kunci,  dan
menentukan  volume  kata  kunci.  Ada  yang  gratis  dan  ada  pula  yang
berbayar. Semua alat-alat ini harus digunakan sebagai pedoman saja
misalnya www.keyworddiscovery.com dan http://www.spyfu.com/
c) Memilih platform PPC
Ada  beberapa  teori  bahwa  platform  PPC  yang  berbeda  lebih  baik  untuk
industri yang berbeda pula, misalnya, bahwa Yahoo! memberikan tarif yang
lebih murah dari Google untuk iklan travel. Namun, hal ini adalah subyektif,
Sebagian  besar  pengiklan  besar  biasanya  akan  menjalankan  kampanye
PPC  pada  sejumlah  platform.  Ada  beberapa  perbedaan  kecil  setiap
platform dalam hal kebijakan editorial, dan masing-masing sistem memiliki
antarmuka  pengguna  yang  berbeda.  Google  AdWords  mungkin  yang
paling terkenal, yang memungkinkan pengguna untuk bertransaksi dalam
mata  uang  pilihan  mereka,  serta  menawarkan program  pelatihan  dan
sertifikasi. Google AdWords juga sebagai penargetan geografis terbaik di
seluruh  dunia,  meskipun  penargetan  geografis  adalah  yang  ditawarkan
oleh Microsoft adCenter, Facebook, LinkedIn dan Youtube. Setelah Anda
tentukan  platform  selanjutnya  membuat  akun  dan  iklan  yang  ingin
ditawarkan ke konsumen.
d) Melakukan pengujian, pelacakan, pengukuran iklan
Iklan  yang  Anda  buat  harus  di  uji  untuk  mengetahui  tingkat
keberhasilannya.  Setelah  proses  pengujian  dan  iklan  Anda  mulai  tayang,
Iklan  tersebut  perlu  dilacak  dan  diukur  untuk  mengetahui  tingkat
keberhasilan iklan Anda terhadap produk yang dijual.
4. Konsep Adwords
(Diadaptasikan dari https://support.google.com/adwords).
Salah  satu  media  periklanan  yang  disediakan  oleh  Google  adalah  Adwords
seperti  pada  Gambar  6.11.  Dengan  Adwords,  iklan  dapat  tampil  pada  area
yang  telah  ditentukan, anggaran dapat  disesuaikan (tanpa  ada  kesepakatan
pembelanjaan minimum), iklan dapat diukur dengan mudah dan menjangkau
orang-orang  dengan  tepat, saat mereka menelusuri  apa  yang ditawarkan  di
Internet. Dengan penawaran biaya per klik, biaya yang dikenakan hanya saat
seseorang mengklik iklan yang ditawarkan. Misalnya, Anda menjalankan toko
roti di Bandung. Tetapkan iklan Anda untuk tampil kepada pelanggan hanya di
lokasi  tersebut,  dan  saat  seseorang  yang  tinggal  atau  berlibur  ke  sana
menelusuri  Google  untuk  mencari  "roti  khas  bandung",  maka  iklan  akan
ditampilkan dan diklik untuk terhubung dengan bisnis Anda.
a. Keuntungan beriklan dengan Google AdWords
Beberapa  hal  penting  yang  membedakan  AdWords  dari jenis  periklanan
lainnya yaitu.
1) Menjangkau orang-orang pada waktu yang tepat saat mereka
menelusuri apa yang Anda tawarkan
a) Iklan  Anda  akan  ditampilkan  kepada  orang-orang  yang  telah
menelusuri  jenis  produk dan  layanan  yang  Anda  tawarkan.  Sehingga
orang-orang tersebut lebih cenderung untuk mengambil tindakan.
b) Anda dapat memilih tempat iklan ditampilkan, pada website dan pada
area geografis tertentu(negara bagian, kota, atau bahkan RT/RW).
c) AdWords  menjangkau  80%  pengguna  Internet  di  Amerika.  Itu
merupakan  pangsa  pasar  yang  besar serta  mesin  pencari  Google
merupakan mesin pencari yang paling banyak digunakan oleh penffuna
internet.
2) Kontrol anggaran
a) Anda  hanya  dikenakan  biaya  saat  seseorang  mengklik  iklan,  bukan
saat iklan ditampilkan dengan menggunakan penawaran biaya per klik,
b) Anda  memutuskan  jumlah  (banyak  atau  sedikit)  yang  ingin
dibelanjakan  setiap  bulannya  dan  Anda  tidak  akan  ditagih  melebihi
jumlah itu.
c) Tidak ada komitmen pembelanjaan minimum.
3) Lihat dengan cermat apa yang berfungsi pada iklan Anda dan
kembangkan
a) Lihat  laporan  mengenai  kinerja  iklan  Anda,  lihat  berapa  banyak
pelanggan baru yang terhubung ke bisnis Anda dari iklan, tempat asal
mereka, dan detail lainnya.
b) Gunakan alat AdWords untuk mengedit dan meningkatkan iklan Anda,
serta meningkatkan jumlah calon pelanggan yang menghubungi bisnis
Anda.
c) Mudah untuk memulai, menjeda atau berhenti. Tanpa ikatan.
b. Cara kerja AdWords
Untuk  memahami  cara  kerja  AdWords,  Ada  beberapa  elemen  dasar  yang
harus Anda pahami yaitu.
1) Kata Kunci
Kata  kunci  adalah  kata  atau  frasa yang  Anda  pilih untuk dapat  memicu
iklan Anda agar tampil di penelusuran dan website jaringan Google lainnya.
Misalnya,  jika  Anda  menawarkan  pengiriman  roti  buaya,  Anda  dapat
menggunakan  "pengiriman  roti  buaya"  sebagai  kata  kunci  di  kampanye
AdWords. Saat seseorang menelusuri Google dengan menggunakan frasa
"pengiriman roti buaya" atau istilah yang serupa, iklan Anda dapat muncul
di  samping  hasil  penelusuran  Google.  Iklan  Anda  juga  dapat  muncul  di
website lainnya dalam jaringan Google yang berkaitan dengan pengiriman
roti  buaya. Dengan  membuat  daftar  kata  kunci  yang  relevan  dengan
produk  atau  layanan  Anda  dan  memastikan  kata  kunci  tersebut  spesifik
(misalnya,  "pengiriman roti  buaya",  bukan  hanya  "roti"),  biasanya  Anda
dapat  menampilkan  iklan  kepada  orang-orang  yang  paling  berminat
dengan  produk  atau  layanan  Anda.  Ini  meningkatkan  kinerja  iklan  Anda
dan membantu investasi iklan Anda semakin melesat.
Beberapa  hal  yang  harus Anda  lakukan  ketika  memilih  kata  kunci  untuk
kampanye PPC.
a) Buat grup iklan
Sebelum  Anda  mulai  memilih  kata  kunci  untuk  kampanye PPC,
pastikan  bahwa  grup  iklan  untuk  setiap  kampanye  diatur  menurut
produk atau layanan yang Anda tawarkan. Sangat baik untuk memulai
dengan  kata  kunci  yang  menggambarkan  produk  atau  layanan  yang
Anda iklankan. Lalu, Anda dapat membuat iklan yang berkaitan dengan
kata  kunci  tersebut  yang  dapat  Google  tampilkan  kepada  pelanggan
saat  mereka  berada  di website yang  terkait  dengan  produk  atau
layanan  Anda.  Anda  dapat  membuat  akun  Anda  tertata  dengan  lebih
baik dengan mengelompokkan kata kunci menurut produk atau layanan
Anda.
b) Pilih kata kunci yang  akan  digunakan  pelanggan  untuk
mendeskripsikan  produk  atau  layanan  dan  kata  kunci  yang  berkaitan
satu sama lain. Pedoman membuat daftar kata kunci berkualitas tinggi
yaitu.
(1) Pilih kata kunci yang terkait dengan produk atau layanan Anda.
(2) Buat  kelompok  yang  terdiri  atas  lima  sampai  20  kata  kunci  yang
terkait  erat  satu  sama  lain  dan  dengan  iklan  dalam  grup  iklan
tersebut.  Kata kunci  dengan  dua  atau  tiga kata  (frasa)  cenderung
berfungsi paling efektif.
(3) Pilih  kata  kunci  yang  terkait  satu  sama  lain.  Misalnya,  jika  Anda
menjual  bunga,  Anda  mungkin  ingin  menambahkan  "mawar"  dan
"cokelat" ke dalam daftar kata kunci Anda. Dengan demikian, kata
kunci  Anda  dapat  menampilkan  iklan  kepada  pelanggan  yang
mungkin saja berminat membeli selusin tangkai mawar dan sekotak
cokelat.
(4) Pilih kata kunci yang terkait dengan website yang dilihat pelanggan
Anda.
(5) Jika  Anda  memiliki brand yang  kuat  dan  dikenal  dengan  baik,
sertakan kata kunci brand Anda.
2) Tempat iklan dapat tampil
Saat Anda beriklan dengan AdWords, iklan dapat tampil diberbagai tempat
di  seluruh  web,  bergantung  pada  cara  Anda  menargetkan  iklan,  kepada
siapa saja akan ditayangkan, dan jenis iklan yang dibuat. Sebelum Anda
memilih  tempat  menampilkan  iklan,  cobalah  untuk  berpikir  seperti
pelanggan.  Apa  yang  mereka  sukai? Apa  kebiasaan  mereka?  Di  mana
lokasi mereka? Apa yang harus Anda ketahui tentang mereka? sehingga
Anda  mampu menjangkau  pelanggan  dengan  iklan  Anda  secara  optimal.
Beberapa tempat iklan dapat tampil yaitu.
a) Website non penelusuran
Kata  kunci  dapat  memicu  iklan  Anda  agar  muncul  pada  hasil
penelusuran  Google  dan website penelusuran  lainnya.  Namun,  kata
kunci  juga  dapat  memicu  iklan  Anda  agar  tampil  di website lain  di
seluruh Internet atau disebut dengan Jaringan Display.
Jaringan Display merupakan  kumpulan website mitra  dan website
Google  tertentu, termasuk  Gmail,  Blogger, NYTimes.com,
Families.com. dan  YouTube yang  menampilkan  iklan  AdWords.
Jaringan  ini  juga  meliputi website dan  aplikasi  seluler  yang
menampilkan iklan (mitra tampilan seluler).
b) Google Penelusuran dan website penelusuran lainnya
Bila  Anda  menggunakan  kata  kunci  untuk  menargetkan  iklan,  Anda
memilih  sekumpulan  kata  kunci  yang  terkait  dengan  produk  atau
layanan  yang  ingin  diiklankan. Lalu,  saat  orang-orang  menelusur
menggunakan kata atau frasa yang Anda pilih, iklan teks dapat muncul
di samping, dibawah atau di atas hasil penelusuran yaitu pada.
(1) Website penelusuran Google. Iklan Anda dapat muncul di Google
penelusuran,  Google belanja,  Google maps,  Google gambar,  dan
Google  grup  saat  seseorang  menelusuri  kata  kunci  Anda.  Berikut
contoh untuk kata kunci "jual komputer":(2) Website penelusuran lain yang merupakan bagian dari jaringan
penelusuran. Apabila seseorang menelusur di website
penelusuran yang bermitra dengan Google untuk menampilkan
iklan AdWords, seperti AOL, iklan Anda mungkin muncul di
samping atau di atas hasil penelusuran atau di halaman
penelusuran yang relevan lainnya.
(3) Penelusuran seluler. Iklan Anda dapat tampil
di http://m.google.com, versi seluler Google Penelusuran. Berikut ini
contoh iklan kue mangkuk di penelusuran seluler.
3) Peringkat Iklan
Peringkat Iklan adalah Cara Google menentukan iklan mana yang muncul
dalam  posisi  seperti  apa,  Jika  beberapa pengiklan  menggunakan  kata
kunci  yang  sama  untuk  memicu  iklan  mereka  atau  ingin  iklan  mereka
tampil  pada  website  yang  sama.Peringkat Iklan didasarkan pada kombinasi tawaran (berapa banyak yang
biaya yang teresedia untuk dibelanjakan) serta Angka Mutu (ukuran mutu
iklan, kata kunci, dan web Anda). Tergantung tempat munculnya iklan dan
jenis penargetan yang Anda gunakan, rumus untuk Peringkat Iklan dapat
sedikit berbeda, namun selalu menggabungkan tawaran dan Angka Mutu.
Iklan  beredar  melalui  halaman hasil  penelusuran  berdasarkan  Peringkat
Iklan. Iklan dengan Peringkat Iklan tertinggi muncul pada posisi pertama di
halaman  hasil  penelusuran.  Iklan  dengan  Peringkat  Iklan  tertinggi  kedua
muncul  di  bawahnya,  dan  begitu  seterusnya. Saat  pengguna menjelajahi
halaman hasil penelusuran berikutnya, dua aturan berikut biasanya berlaku
untuk  menentukan  lokasi  iklan  layak  tampil. Adapun  penempatan  iklan
berdasarkan peringkat yaitu.
a) Penempatan "teratas" (bagian atas). Semua iklan berperingkat tinggi
berhak  tampil  di posisi teratas,  asalkan  iklan  melampaui  ambang
tawaran  biaya  per  klik  (BPK)  dan  Angka  Mutu.  Maksimal  tiga  iklan
dapat tampil di posisi teratas setiap halaman.
b) Penempatan "Lain" (bagian samping atau bawah). Bagian samping
atau  bawah halaman  hasil penelusuran  dicatat  sebagai "Lainnya" di
statistik AdWords, dan dapat ditempati hingga delapan iklan. Iklan yang
sebelumnya  tidak  pernah  muncul
pada  penempatan  samping  atau
bawah  biasanya  layak  muncul  di
bagian  samping  atau  bawah.
Misalnya,  jika  iklan  muncul  di  sisi
Laman  1,  iklan  biasanya  tidak  akan
muncul  di  sisi  Laman  2  atau
berikutnya.
4) Penawaran dan Angka Mutu
Tawaran  dan  Angka  Mutu   dapat  bekerja  berbeda  di  berbagai  jenis
kampanye.  Dengan iklan  bertarget  kata  kunci  di  Google  dan  mitra
penelusurannya,  tawaran  Anda  akan  menjadi  tawaran  biaya  per  klik
maksimum  Anda,   jumlah  maksimum  yang  bersedia  Anda  bayar  untuk
setiap klik di iklan Anda. Angka Mutu Anda didasarkan pada relevansi kata
kunci, kualitas  halaman  yang  dituju, rasio klik-tayang (RKT) iklan,  yang
disesuaikan  untuk  posisinya  di halaman tersebut  dan  beberapa  faktor
lainnya.
Untuk  iklan  bertarget  penempatan  di  Google  Display  Network  yang
menggunakan Penawaran biaya per seribu tayangan (BPS), Angka Mutu
Anda didasarkan pada kualitas halaman yang dituju. Ada sejumlah variasi,
tetapi umumnya tetap sama.
Dengan  meningkatkan  faktor-faktor  berikut,  Anda dapat  membantu
meningkatkan Angka Mutu dengan cara.
a) Rasio klik-tayang (RKT) yang diharapkan dari kata kunci
Anda. RKT  yang  diharapkan  didasarkan  sebagian  pada  RKT
sebelumnya dari kata kunci tersebut, atau seberapa sering kata kunci
tersebut menghasilkan klik pada iklan Anda.
b) RKT URL tayangan Anda sebelumnya. Seberapa  sering  Anda
menerima klik dengan URL tayangan.
c) Riwayat akun Anda: RKT keseluruhan dari semua iklan dan kata kunci
di akun Anda.
d) Mutu halaman website Anda. Seberapa halaman Anda  relevan,
transparan, dan mudah untuk dijelajahi.
e) Kata kunci/relevansi iklan Anda. Seberapa  relevan  kata  kunci
dengan iklan Anda.
f) Kata kunci/relevansi penelusuran. Seberapa  relevan  kata  kunci
dengan apa yang ditelusuri pelanggan.
g) Kinerja geografis. Seberapa berhasil akun Anda di wilayah yang Anda
targetkan.
h) Kinerja iklan Anda di suatu website. Seberapa  baik  kinerja  iklan
Anda di website ini dan website serupa (jika Anda menargetkan Display
Networ).
i) Perangkat yang ditargetkan. Seberapa baik kinerja iklan Anda pada
berbagai jenis perangkat, seperti desktop/laptop, perangkat seluler, dan
tablet.
Angka  Mutu  digunakan  dalam  beberapa  cara  dan  dapat  mempengaruhi
hal-hal berikut di akun Anda.
a) Kelayakan lelang iklan. Angka Mutu yang lebih tinggi membuat lebih
mudah dan murah bagi kata kunci untuk memasuki lelang iklan.
b) Biaya per klik (BPK) aktual kata kunci Anda. Angka Mutu yang lebih
tinggi  menghasilkan  BPK  yang  lebih  rendah.  Hal  itu  berarti  Anda
membayar lebih sedikit untuk setiap klik bila kata kunci Anda memiliki
Angka Mutu yang lebih tinggi.
c) Taksiran tawaran halaman pertama kata kunci Anda. Angka  Mutu
yang  lebih  tinggi  menghasilkan  taksiran  tawaran halaman pertama
yang  lebih  rendah.  Hal  itu  berarti  iklan  Anda  semakin  mudah  untuk
tampil  di halaman pertama  hasil  penelusuran  bila  kata  kunci  Anda
memiliki Angka Mutu yang lebih tinggi.
d) Taksiran tawaran halaman bagian atas kata kunci Anda. Angka
Mutu yang lebih tinggi menghasilkan taksiran tawaran halaman bagian
atas yang lebih rendah. Hal itu berarti iklan Anda semakin mudah untuk
tampil pada bagian atas halaman bila kata kunci Anda memiliki Angka
Mutu yang lebih tinggi.
e) Posisi iklan. Angka  Mutu  yang  lebih  tinggi  menghasilkan  posisi  iklan
yang  lebih  tinggi.  Itu  artinya  iklan  Anda  dapat  tampil  lebih  tinggi  di
halaman bila kata kunci Anda memiliki Angka Mutu yang lebih tinggi.
f) Kelayakan untuk ekstensi iklan dan format iklan lainnya. Beberapa
format iklan membutuhkan Angka Mutu minimum untuk tampil. Selain
itu, Peringkat Iklan menentukan layak tidaknya iklan Anda ditampilkan
bersama ekstensi iklan dan format iklan lainnya, seperti tautan website.
Karena  Peringkat  Iklan  adalah  fungsi  dari  Angka  Mutu  Anda,  Angka Mutu  yang  lebih  tinggi  dapat  meningkatkan  kemungkinan  iklan  Anda
ditampilkan dengan ekstensi dan format lainnya.
c. Cara pembayaran AdWords
Cara pembayaran AdWords memiliki banyak pilihan yang tersedia diantaranya.
1) Pembayaran otomatis yaitu membayar setelah iklan berjalan
Bila  lampu  di  rumah  Anda  pernah  mati  karena  lupa  membayar  tagihan
listrik, setelan ini cocok untuk Anda. Dengan pembayaran otomatis, Anda
menyiapkan  bentuk  pembayaran  di  akun  dan  biaya  akan  dibayarkan
secara  otomatis.  Ini  membantu  memastikan  bahwa  iklan  Anda  selalu
berjalan meskipun listrik Anda mati.
Cara kerjanya Anda hanya ditagih setelah Anda dikenai biaya iklan. Dan
Anda  akan  ditagih  dalam  satu  dari  dua  skenario:  30  hari  setelah
pembayaran terakhir Anda, atau setiap kali biaya Anda mencapai ambang
penagihan (jumlah yang ditetapkan yang memicu tagihan).
2) Pembayaran manual yaitu membayar sebelum iklan berjalan
Bila  Anda  ingin  membayar  iklan  sebelum  iklan  berjalan  dan  memiliki
anggaran  biaya  yang  tidak  pasti, setelan  ini  mungkin  cocok  untuk  Anda.
Dengan  setelan  pembayaran  manual,  Anda  melakukan  pembayaran
dengan jumlah dan waktu sesuai keinginan Anda.
Cara kerjanya, Anda  melakukan  pembayaran  ke  akun
AdWords sebelum iklan  berjalan.  Lalu  saat  iklan  berjalan, biaya  iklan
dipotong dari pembayaran yang Anda lakukan. Google dapat memberi tahu
Anda melalui surat elektronik (jika Anda memintanya) bila saldo akun mulai
menipis, Anda dapat melakukan pembayaran berikutnya kapan pun Anda
mau.
3) Faktur  bulanan yaitu  membayar  menggunakan  batas  kredit  seperti
pembayaran kartu kredit. Faktur bulanan merupakan setelan pembayaran
yang  digunakan  Google  untuk  menambah  batas  kredit  untuk  Anda  atas
biaya  iklan  dan  Anda  menerima  faktur  setiap  bulan  yang  Anda bayar
dengan  cek  atau  transfer.  Anda  melakukan  pembayaran  sesuai  dengan
persyaratan  dan  ketentuan  yang  Anda  setujui  saat  mendaftar  ke  faktur
bulanan. Anda dapat mengajukan permohonan untuk menggunakan faktur
bulanan  bila  bisnis  Anda  memenuhi  persyaratan  tertentu.  Persyaratan
tersebut mencakup, namun tidak terbatas pada:
1) Terdaftar sebagai bisnis selama minimum satu tahun.
2) Pembelanjaan minimum $5.000 per bulan (jumlah ini dapat bervariasi
di setiap negara).
d. Cara biaya dihitung di AdWords
AdWords  memberi  Anda  kontrol  terhadap  biaya  iklan.  Tidak  ada  jumlah
minimum  yang  harus  Anda  belanjakan.  Anda  menetapkan  anggaran  harian
rata-rata dan memilih bagaimana Anda akan menghabiskan uang Anda. Setiap
kali  seseorang  menelusuri  Google,  AdWords  menjalankan  lelang  untuk
menentukan  iklan  yang  tampil  di halaman hasil  penelusuran,  serta peringkatnya  di halaman.  Untuk  menempatkan  iklan  dalam  lelang  ini,  Anda
harus  terlebih  dulu  memutuskan  untuk  jenis  tindakan  pelanggan  apa  Anda
akan  membayar.  Misalnya,  Anda  mungkin  memilih  untuk membayar  atas
tindakan berikut.
1) Frekuensi iklan Anda ditayangkan.
Ini dikenal sebagai tawaran biaya per seribu tayangan atau BPS. Google
menyarankan  metode  penawaran  BPS  jika  Anda  ingin  meningkatkan
kesadaran akan merek Anda. Perhatikan bahwa penawaran BPS tersedia
hanya untuk kampanye display network.
2) Setiap kali salah satu iklan Anda menerima klik.
Ini dikenal sebagai tawaran biaya per klik atau BPK. Google menyarankan
metode penawaran BPK jika Anda ingin mendorong akses pengunjung ke
website Anda.
3) Setiap kali orang-orang melakukan tindakan tertentu di website Anda
setelah mengklik salah satu iklan Anda.
Ini  dikenal  sebagai  tawaran  biaya  per  akuisisi  atau  BPA.  Google
menyarankan metode penawaran BPA bagi pengiklan AdWords musiman
yang tertarik dengan konversi, seperti pembelian atau pendaftaran
e. Alat pembayaran
Anda dapat membayar dengan kartu kredit, debit, rekening bank, atau transfer
uang  ke  Google.  Masing-masing  negara  menawarkan  bentuk  pembayaran
yang  berbeda,  jadi  pastikan  untuk  memeriksa bentuk pembayaran yang
tersedia di lokasi Anda.
f. Penagihan
Pada pembayaran otomatis, Google menagih biaya iklan Anda setelah 30 hari
penagihan otomatis terakhir atau setiap kali akun Anda mencapai jumlah yang
telah ditetapkan sebelumnya yang dikenal sebagai ambang penagihan.Namun, jika  Anda  dikenakan  biaya  Rp. 500.000 dalam  siklus  penagihan  30
hari.
1) Anda akan ditagih secepatnya.
2) Ambang Anda akan meningkat menjadi Rp. 2.000.000.
3) Siklus penagihan 30 hari yang baru akan dimulai.
Harap  diperhatikan  bahwa  jumlah  yang  ditagih  mungkin  akan  sedikit  lebih
besar  daripada  ambang  tersebut  jika  biaya  akun  meningkat  dengan  sangat
cepat.
g. Iklan dan persetujuan
Semua iklan Google AdWords melewati proses persetujuan untuk memastikan
iklan tersebut aman dan sesuai bagi pengguna. Google meninjau setiap iklan
untuk  melihat  apakah  iklan  mematuhi kebijakan periklanan Google.  Jika
Google  menemukan  masalah,  Google  akan  memberi  tahu  Anda  lebih  lanjut tentang  kebijakannya  dan  apa  yang  dapat  Anda  lakukan  agar  iklan  Anda
berjalan lagi. Berikut adalah beberapa contoh kebijakan website Google.
1) Kurangnya konten unik pada website Anda
a) website yang  didesain  dengan  tujuan  utamanya  semata-mata  untuk
menampilkan iklan(Arbitrase).
b) website yang menyalin konten dari website lain(duplikasi).
c) website yang  tidak  memberikan  konten unik  dan  berharga  bagi
pengguna.
2) Masalah teknis pada website Anda
a) Perangkat lunak perusak (website yang  terinfeksi  perangkat  lunak
perusak atau yang menjual perangkat lunak berbahaya).
b) Informasi pribadi (website yang mengumpulkan informasi pribadi yang
sensitif dan tidak dihosting di server "https" yang aman).
3) Pengalaman pengguna yang menyesatkan
a) Halaman jembatan (halaman web yang  menyertakan halaman "pintu"
yang  tujuan  utamanya  mengarahkan  pengunjung  ke website yang
berbeda).
b) Keamanan pengguna (website dan  bisnis  yang  tampak  menipu  atau
menyesatkan, dan/atau melanggar persyaratan dan ketentuan Google).
c) Penjualan item yang digratiskan (website yang  menjual  item  atau
layanan yang biasanya diberikan secara gratis).
d) Afiliasi tersirat (website yang  menyiratkan  afiliasi,  kemitraan,  atau
hubungan khusus dengan Google atau pihak ketiga yang tidak terkait
tanpa otorisasi yang jelas).
e) Penagihan tidak jelas (website dengan  proses  checkout  yang  tidak
memberikan model penagihan atau penetapan harga yang transparan).
f) Barang palsu (website yang  mempromosikan  produk  tidak  asli  dalam
upaya untuk menawarkan produknya sebagai produk asli).
Cara mengirim iklan untuk ditinjau ke pada Google prosesnya otomatis. Kapan
pun  Anda  membuat  iklan  baru  atau  mengubah  iklan  yang  ada,  iklan  akan
dikirim  kepada  Google  secara  otomatis  untuk  ditinjau.  Setelah  Anda
menyimpan  iklan,  iklan  biasanya  akan  muncul  dengan  status dalam
peninjauan atau layak. Iklan  berstatus  "layak"  berarti  diijinkan  berjalan  di
halaman tertentu sebelum disetujui, iklan berstatus "dalam peninjauan" berarti
tidak  dapat  berjalan  di  mana  saja  sampai  iklan  ditinjau  dan  disetujui,  hal
tersebut dikarenakan iklan  harus  diperiksa  lebih  detail untuk  memastikan
kepatuhannya  terhadap  kebijakan  Google. Jika website Anda  ditangguhkan
karena  bermasalah  dengan  kebijakan,  Anda  dapat  memperbaiki  masalah
tersebut, kemudian mengirim ulang website Anda untuk ditinjau kembali. Lama
peninjauan berlangsung dalam waktu 1 hari kerja untuk sebagian besar iklan.
Beberapa peninjauan mungkin butuh waktu lebih lama karena harus menjalani
peninjauan yang lebih rumit.Google akan memberikan salah satu dari beberapa status persetujuan untuk
iklan  Anda  selama  dan  setelah  peninjauan  untuk  mengetahui  apakah  iklan
mematuhi kebijakan periklanan atau tidak. Beberapa status persetujuan yaitu.
1) Status yang dapat memungkinkan iklan Anda berjalan.
a) Disetujui. Iklan mematuhi kebijakan Google, sehingga diizinkan tampil
untuk seluruh pemirsa.
b) Ditayangkan (iklan video). Iklan video disetujui muncul di YouTube.
2) Status yang dapat memungkinkan iklan Anda berjalan dengan
batasan.
a) Layak. Iklan masih dalam peninjauan, namun sementara itu iklan dapat
tampil di halaman Google penelusuran.
b) Disetujui (terbatas). Iklan  dapat  berjalan,  namun  tidak  pada  semua
situasi  karena  pembatasan  kebijakan  seperti  kebijakan  seputar
penggunaan merek dagang dan iklan perjudian.
c) Disetujui (tidak aman bagi keluarga). Iklan dapat berjalan, namun tidak
pada  semua  situasi  karena  pembatasan  pada  konten  yang  Google
anggap "tidak aman bagi keluarga".
d) Disetujui (dewasa). Iklan  dapat  berjalan,  namun  tidak  pada  semua
situasi karena pembatasan pada konten khusus dewasa.
3) Status yang dapat mencegah iklan Anda berjalan.
a) Dalam peninjauan. Iklan  Anda  masih  ditinjau  dan  tidak  dapat
ditampilkan sampai disetujui.
b) Belum ditayangkan (iklan video). Iklan  video  belum  disetujui  untuk
muncul di YouTube tetapi sedang dalam peninjauan.
c) Tidak disetujui. Iklan  tidak  dapat  berjalan  sebagaimana  mestinya
karena melanggar kebijakan AdWords.
d) Website ditangguhkan, Iklan tidak dapat berjalan karena halaman web
yang dipromosikan melanggar kebijakan AdWords.
e) Tidak ditayangkan (iklan video). Semua format (judul, deskripsi, video,
dan lain-lain) dari iklan video tersebut tidak disetujui.
f) Dengan masalah (iklan video). Satu atau beberapa format iklan video
ditandai sebagai "Tidak Disetujui" atau "Disetujui (terbatas)".
Untuk memperbaiki masalah-masalah kebijakan website Anda dapat
melakukan dengan cara.
1) Cari tahu kebijakan yang dilanggar oleh website Anda. Umumnya Anda
akan menerima email dari adwords-noreply@Google.com yang
menyertakan tautan berisi informasi lebih lanjut tentang kebijakan spesifik
dan cara memperbaiki masalah.
2) Buat perubahan pada website Anda.
3) Kirimkan kembali website Anda kepada Google.
5. Menggunakan Adwords
a) Membuat website dengan Google Sites
Google  Sites  adalah  aplikasi  online  gratis  yang  menjadikan  pembuatan
website semudah  mengedit  dokumen.  Anda  dapat  mengubah sesuaikan
website sesuai  keinginan,  dan  bahkan  mengunggah  gambar  yang  terkait
dengan  bisnis  atau  layanan  Anda.  Lalu,  Anda  dapat  menggunakan  URL
website itu  dalam  iklan  AdWords  sehingga  calon  pelanggan  diarahkan  ke
website tersebut saat mengklik iklan Anda.
Berikut ini cara membuat website baru.
1) Kunjungi www.google.com/sites.
2) Masuk  dengan  Akun  Google  Anda.  Jika  Anda  tidak  memiliki  akun,  klik
Daftar ke Sites dan ikuti langkah-langkah untuk membuat Akun Google.
3) Klik tombol Buat website baru untuk memulai.
4) Namai website Anda. Setelah Anda memasukkan nama, URL akan dibuat
secara  otomatis  dalam  kotak.  (Perhatikan:  Saat  Anda  membuat  akun
AdWords, Anda harus memasukkan URL ini di langkah #2.)
5) Masukkan deskripsi singkat tentang website Anda (langkah ini opsional).
6) Di samping Bagikan dengan, pilih tombol Semua orang di dunia dapat
melihat website ini, sehingga siapa pun dapat melihat website Anda.
7) Pilih tema website (tata letak website). Untuk melihat tema yang lain, klik
Tema lainnya...
8) Klik Buat website.
b) Memulai penggunaan AdWords
Berikut ini cara memulai program periklanan online Google dalam tiga langkah
dasar.
1) Membuat akun
Anda dapat membuat akun AdWords baru kapan saja dengan mengunjungi
beranda  AdWords  di https://adwords.google.com.  Proses  ini  sedikit
berbeda tergantung pada apakah Anda telah menggunakan produk Google
lainnya  atau  Anda  baru  menggunakan  Google. Jika Anda  sudah
menggunakan  produk  Google  lainnya. Apabila Anda  sudah  memiliki
Akun  Google  misalnya  Gmail,  Anda  dapat menggunakan  alamat  surat
elektronik dan sandi akun tersebut untuk mengakses Adwords. Caranya.
(a) Kunjungi beranda AdWords di https://adwords.google.com.
(b) Masuklah dengan memasukkan sandi dan alamat email Akun Google
Anda atau nama pengguna Gmail Anda.
(c) Pilih  negara  dan  zona  waktu  yang  Anda  inginkan  untuk  akun  Anda.
Karena Google menetapkan penagihan dan statistik berdasarkan zona
waktu yang Anda pilih, harap pilih dengan cermat. Anda hanya dapat
mengubah zona waktu satu kali setelah penyiapan ini.(d) Pilih mata uang yang ingin Anda gunakan untuk akun. Tagihan Anda
akan menggunakan mata  uang  ini  dan  ini  juga akan  digunakan  pada
laporan kinerja Anda. Anda tidak dapat mengubah mata uang setelah
penyiapan ini.
(e) Klik Lanjutkan.
(f) Cari  surat  elektronik verifikasi  di  alamat email yang  baru  saja  Anda
gunakan untuk mendaftar ke AdWords.
(g) Klik tautan verifikasi di email untuk mengaktifkan akun Anda.
Jika  Anda  belum  menggunakan  produk  Google  lainnya Anda  hanya
membutuhkan alamat email yang aktif untuk memulai. Caranya.
(a) Kunjungi website AdWords di https://adwords.google.com.
(b) Klik Mulai sekarang.
(c) Pada halaman Buat Akun Google, pilih tombol di samping Saya tidak
menggunakan layanan lainnya tersebut.
(d) Masukkan  alamat  surat  elektronik yang  aktif  beserta  sandinya.
Sebaiknya  Anda  memilih sandi  yang  rumit.  Hal  ini  memberikan
perlindungan yang lebih baik pada akun dari pembajak.(e) Masukkan huruf terdistorsi pada kotak di bawah informasi sandi.
(f) Klik Buat Akun.
(g) Pilih  negara  dan  zona  waktu  yang  Anda  inginkan  untuk  akun  Anda.
Karena Google menetapkan penagihan dan statistik berdasarkan zona
waktu yang Anda pilih, harap pilih dengan cermat. Anda hanya dapat
mengubah zona waktu satu kali setelah penyiapan ini.
(h) Pilih mata uang yang ingin Anda gunakan untuk akun. Tagihan Anda
akan  menggunakan  mata  uang  ini  dan  ini  juga akan  digunakan  pada
laporan kinerja Anda. Anda tidak dapat mengubah mata uang setelah
penyiapan ini.
(i) Klik Lanjutkan.
(j) Cari  email  verifikasi  di  alamat  email  yang  baru  saja  Anda  gunakan
untuk mendaftar ke AdWords.
(k) Klik tautan verifikasi di email untuk mengaktifkan akun Anda.
2) Membuat iklan pertama
Setelah  Anda  membuat  akun  dan  mengonfirmasikan  email,  Google  akan
mengarahkan Anda langsung ke halaman tempat Anda dapat menyatukan
iklan  pertama.  Ini  adalah  kesempatan  Anda  untuk  menjadi  kreatif.  Anda
dapat memilih tempat iklan ditampilkan, menentukan anggaran, membuat
iklan, dan memilih beberapa kata atau frasa (Google menyebutnya sebagai
kata  kunci)  yang  dapat  membuat  iklan  tampil  di  samping  konten  yang
paling sesuai (misalnya, iklan dapat muncul di samping hasil penelusuran
Google atau di website mitra Google).
a) Memilih tempat iklan dapat tampil: Anda dapat memilih website mana,
di  lokasi  mana,  dan  dalam bahasa  apa.  Jika  Anda  tidak merasa siap untuk mengambil keputusan tersebut sekarang, pilih saja opsi default.
Pelajari lebih lanjut tentang lokasi penayangan iklan Anda.
b) Memutuskan  anggaran:  Putuskan  jumlah  yang  bersedia  Anda  bayar
setiap kali seseorang mengeklik iklan dan tetapkan jumlah maksimum
yang  ingin  Anda  belanjakan  setiap  hari.  Pelajari  lebih  lanjut  tentang
cara menentukan anggaran Anda.
c) Menulis  iklan  singkat:  Tulis  judul  dan  uraian  singkat.  Misalnya,  jika
Anda menjalankan usaha toko kue di dekat Bogor, Anda dapat menulis
judul  seperti  “Toko  Kue  Bogor”,  dengan  uraian  seperti  “Bika  ambon,
lapis  legit,  dan  bolu  hangat.  Pengiriman  lokal  gratis”.  Dapatkan  kiat
tentang cara membuat iklan teks yang sukses.
d) Memilih  kata  kunci  yang  dapat  membantu  iklan  tampil  dalam
penelusuran:  Iklan  dapat  tampil  saat  orang-orang  menelusuri  Google
menggunakan  kata  yang  Anda  masukkan  dalam  iklan.  Misalnya,  jika
orang-orang  menelusuri  “bolu  blueberry  dekat  Bogor”,  mereka  dapat
melihat  iklan  Anda,  dengan  judul  dan  uraian  di  atas,  serta  informasi
kontak  bisnis  Anda.  Bergantung  opsi  yang  Anda  pilih,  mereka  juga
dapat melihat iklan Anda pada website mitra Google di seluruh Internet.
Untuk  memulai,  pilih  selusin  kata  kunci  atau  lebih -- dan  perhatikan
bahwa Anda bebas mengedit atau menambahkannya nanti.
Untuk membuat iklan teks, ikuti langkah-langkah ini:
a) Di bagian "Buat iklan", pilih Iklan teks.
b) Ketik judul, deskripsi, URL tayangan, dan URL tujuan. URL tayangan
adalah  alamat  web,  biasanya halaman depan website Anda,  yang
ditampilkan  kepada  pelanggan  bersama  iklan  Anda,  sementara  URL
tujuan mengarahkan pelanggan ke halaman tertentu di website Anda.
Kedua URL tersebut harus berisi nama domain yang sama. Misalnya,
iklan  dengan  www.google.com  sebagai  URL  tayangan  dan
www.google.com/ads sebagai URL tujuan dapat diterima karena kedua
URL itu memakai nama domain yang sama, “google.com”
c) Masukkan  kata  kunci  Anda  di  bagian  "Kata  kunci".  Sebaiknya  Anda
mulai  dengan  10-20  kata  kunci.  Anda  dapat  selalu  mengedit  atau
menambahkan lebih banyak kata kunci nanti.
d) Klik Simpan.  Jika  ini  adalah  kampanye  pertama  Anda,  klik Simpan
dan  lanjutkan  ke  penagihan.  Iklan  Anda  tidak  dapat  dijalankan  jika
Anda belum mengirimkan informasi penagihan.
3) Mengaktifkan  akun. Jika  akun  sudah  didaftarkan  maka  otomatis  akun
Anda  telah  dapat  digunakan.  Anda  hanya  perlu login saja dengan  cara
buka browser Anda  lalu  ketikan  pada address  bar
www.google.com/adwords,  kemudian  masukan  ID email dan  kata
sandi(password) Anda.
6. Aplikasi Pembuat Banner
Banner adalah  sebuah  gambar  atau  animasi  yang  ditampilkan  pada  sebuah
web  untuk  tujuan  periklanan. Banner statis  dengan  format  GIF  atau  JPEG,
tetapi banner juga  dapat  menggunakan  media  lannya  seperti  Flash,  video,
JavaScript,  HTML5  dan  teknologi  interaktif  lainnya.  Teknologi  interaktif
memungkinkan pengunjung untuk berinteraksi dan bertransaksi dalam banner.
Terdapat ukuran  standar  untuk banner,  baik banner statis  atau  dinamis.
Ukurannya dinyatakan dengan pixel dan byte, misalkan ukuran banner 20px x
20px dengan besar file 50 KiloByte. Ukuran banner dapat dilihat pada Gambar
6.28.
Untuk  membuat banner anda  dapat menggunakan  aplikasi-aplikasi  pengolah
gambar seperti.
a) Paint.
b) GIMP.
c) Adobe Photoshop.
d) Coreldraw.
e) Macromedia Flash(banner animasi).
f) Gif Animator.
Anda dapat pula menggunakan aplikasi pembuat banner online seperti pada
www.bannersnack.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar